#KulinerSoto: Soto Jakarta Pak Yus, Memang Maknyus!

Posted on


Kalau bicara makanan jenis soto untuk santap siang, di Jakarta ini banyak ragamnya mulai dari soto mie, soto tangkar, soto betawi, soto lamongan, soto surabaya dan masih banyak soto lainnya. Tapi di siang yang tidak terlalu terik itu saya dan beberapa teman senasib sepenanggungan alias satu pekerjaan, mencoba memasuki warung soto yang ada dibawah rel kereta di sekitaran Gondangdia Menteng atas usulan salah satu teman. Soto Jakarta Pak Yus, begitu papan nama itu tertulis ketika masuk pelataran warung, wuih rame euy, yaa maklum aja kami datang sekitar jam makan siang, meja pun penuh tapi untungnya meja ala-ala bar alias madep tembok masih kosong, mau gak mau daripada nunggu, mending langsung duduk dan pesan.

Di daftar menu ada macem pilihan toping #halah kok toping, isi dari soto tersebut, mau daging, paru, babat, kikil, lidah, sumsum, ati, nah macam-macam isi si sapi tuh bisa dicampur dalam satu mangkok atau bisa dipilih sesuai selera, eh gak usah ngomongin kolesterol yaa, adanya dirumah sakit tu kolesterol xixixix. Saya sendiri sih pilih soto daging saja, males kalo campur campur, nanti aja kalo balik kesini baru cobain yang campur hehehe.

Liat sekeliling warung, kok ada potongan kliping-kliping artikel dari koran dan majalah, ni soto emang udah terkenal kok, katanya sih buka dari tahun 1973 dan sampe sekarang katanya pak Yus ini masih sering ada di warung buat mantau para pegawainya, jadi gak usah takut citarasanya berubah jauh. Gak perlu nunggu lama, pelayan warung yang lumayan banyak dan sigap banget ini tiba-tiba udah ngasih piring berisi nasi plus sambel dalam mangkok kecil keatas meja sembari menanyakan minum. Gak lama lagi dari itu, hidangan soto langsung tersedia, wuihhh harumnya berasa banget, maklum kuahnya ini khas, kuahnya pakai kuah susu, entah susu siapa yang disitu #eh. Seruput dulu tanpa menambahkan kecap atau sambel, sedap! paduan bumbu gurih plus kuah susu serta dagingnya yang bener-bener empuk saat dikunyah bikin nagih. Oia, porsi nasinya gak banyak kalo disini, bagi saya sih kurang, musti 2 porsi nasi nih, hahahaha.

Soto Daging Kuah Susu
Soto Daging Kuah Susu
Nih Kartu Namanya, monggo melipir
Nih Kartu Namanya, monggo melipir

Monggo kalo mau coba mampir makan siang dengan menu soto dengan kuah dan daging yang khas, bisa cicipin Soto Jakarta Pak Yus di  Jl. Cut Nyak Dien (Area Parkir Tugu Kunstring) Menteng yang sekarang ini seporsi sotonya seharga 37 ribu rupiah, bagi saya sih lumayan yak makanya bahaya kolesterol dompet:mrgreen: .

 

NB: Sekarang tempat yang di Gondangdia bawah rel udah tutup karena dibongkar dan perapihan jalur rel, jadi saat ini sudah pindah ke Jl. Minangkabau No 40 Pasar Rumput-Manggarai Jakarta Selatan

7 thoughts on “#KulinerSoto: Soto Jakarta Pak Yus, Memang Maknyus!

    blognyamitra said:
    March 24, 2015 at 5:21 pm

    Berarti sekarang tempatnya di pasar rumput ya cak ???

    Like

      Pak H Yus said:
      March 30, 2015 at 2:39 pm

      Benar Pak Said sekarang Soto Pak Yus sekarang pindah di Jl Minangkabau no.40 Pasar rumput manggarai seberang Pom bensin manggarai dan deket ALFA MIDI kami siap antar pesan,catering and lain parkir ssangat luas muat untuk 20 kendaraan mobil dapat menghungi Bapak Baedowi 0878 7835 3297 ( 021 ) 829 4474.terimakasih

      Like

      fajardinihari88 responded:
      April 27, 2015 at 2:22 pm

      Nyoh cak, yg empunya nampaknya mampir huahahaha, bener pindah ke pasar rumput

      Like

        wakitn@gmail.com said:
        May 29, 2015 at 9:50 am

        hehe Empunya hanya di Minangkabau silakan datang untuk merasakn kuah YANG ASLI DARI TAHUN 1973 SOTO JAKARTA PAK H YUS…..EMAN MAAAAAAK .YUUUUUUUUUUUS……….

        Like

    bukanrastaman said:
    September 1, 2015 at 12:26 pm

    wah enaaak nih, lagi ramai dibicarakan orang kantor..

    salam kenal ya gan🙂

    Like

    yus said:
    September 3, 2015 at 10:28 am

    Terimakasih semua atas kunjungnya di kuliner soto kami,selamat menikmati kuah berpaduan susu dan jangan lupa pilih menu selera anda untuk di aplooud di facebook twitter,zomato,terimakasih

    Like

      soto.jakartahyus@gmail.com said:
      November 6, 2015 at 11:15 am

      Selamat siang para pecinta kuliner soto jakarta Pak H Yus,terimakasih atas doa bersama kami sudah buka cabang lagi di JL.Sam Ratulangi Menteng lebih dekat dari tempat asalnya dulu posisi kami didepan sekolahan Jerman menteng.terimkasih

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s