Soto Jakarta

#KulinerSoto: Soto Jakarta Pak Yus, Memang Maknyus!

Posted on


Kalau bicara makanan jenis soto untuk santap siang, di Jakarta ini banyak ragamnya mulai dari soto mie, soto tangkar, soto betawi, soto lamongan, soto surabaya dan masih banyak soto lainnya. Tapi di siang yang tidak terlalu terik itu saya dan beberapa teman senasib sepenanggungan alias satu pekerjaan, mencoba memasuki warung soto yang ada dibawah rel kereta di sekitaran Gondangdia Menteng atas usulan salah satu teman. Soto Jakarta Pak Yus, begitu papan nama itu tertulis ketika masuk pelataran warung, wuih rame euy, yaa maklum aja kami datang sekitar jam makan siang, meja pun penuh tapi untungnya meja ala-ala bar alias madep tembok masih kosong, mau gak mau daripada nunggu, mending langsung duduk dan pesan.

Di daftar menu ada macem pilihan toping #halah kok toping, isi dari soto tersebut, mau daging, paru, babat, kikil, lidah, sumsum, ati, nah macam-macam isi si sapi tuh bisa dicampur dalam satu mangkok atau bisa dipilih sesuai selera, eh gak usah ngomongin kolesterol yaa, adanya dirumah sakit tu kolesterol xixixix. Saya sendiri sih pilih soto daging saja, males kalo campur campur, nanti aja kalo balik kesini baru cobain yang campur hehehe.

Liat sekeliling warung, kok ada potongan kliping-kliping artikel dari koran dan majalah, ni soto emang udah terkenal kok, katanya sih buka dari tahun 1973 dan sampe sekarang katanya pak Yus ini masih sering ada di warung buat mantau para pegawainya, jadi gak usah takut citarasanya berubah jauh. Gak perlu nunggu lama, pelayan warung yang lumayan banyak dan sigap banget ini tiba-tiba udah ngasih piring berisi nasi plus sambel dalam mangkok kecil keatas meja sembari menanyakan minum. Gak lama lagi dari itu, hidangan soto langsung tersedia, wuihhh harumnya berasa banget, maklum kuahnya ini khas, kuahnya pakai kuah susu, entah susu siapa yang disitu #eh. Seruput dulu tanpa menambahkan kecap atau sambel, sedap! paduan bumbu gurih plus kuah susu serta dagingnya yang bener-bener empuk saat dikunyah bikin nagih. Oia, porsi nasinya gak banyak kalo disini, bagi saya sih kurang, musti 2 porsi nasi nih, hahahaha.

Soto Daging Kuah Susu
Soto Daging Kuah Susu
Nih Kartu Namanya, monggo melipir
Nih Kartu Namanya, monggo melipir

Monggo kalo mau coba mampir makan siang dengan menu soto dengan kuah dan daging yang khas, bisa cicipin Soto Jakarta Pak Yus di  Jl. Cut Nyak Dien (Area Parkir Tugu Kunstring) Menteng yang sekarang ini seporsi sotonya seharga 37 ribu rupiah, bagi saya sih lumayan yak makanya bahaya kolesterol dompet :mrgreen: .

 

NB: Sekarang tempat yang di Gondangdia bawah rel udah tutup karena dibongkar dan perapihan jalur rel, jadi saat ini sudah pindah ke Jl. Minangkabau No 40 Pasar Rumput-Manggarai Jakarta Selatan

Advertisements