Tetap Waspada Ketika Berkendara Saat Hujan Deras

Posted on Updated on


image
Ilustrasi

Akhir-akhir ini kota Jakarta dan sekitarnya sering dilanda hujan, mulai dari intensitas ringan, sedang hingga deras, yang terkadang serug juga dibarengi oleh angin kencang. Sebagai pengguna sepeda motor tentunya ditengah kondisi cuaca seperti ini kita dituntut agar terus prima dan waspada dalam berkendara.

Kamis malam atau malam jumat (biasa disebut begitu) kemarin saya pulang dari kantor sekitar pukul 7.30 WIB, riding perjalanan pulang kala itu diiring dengan hujan deras yang cukup membuat jarak pandang menjadi terbatas. Begitu stelah melewati flyover Roxy dan menuju perempatan Grogol dalam posisi kecepatan sedang/tidak terlalu kencang sekitar 40-45km saya dikejutkan oleh insiden pengguda motor matik yang tiba tiba mengalami oleng, kemudian ban depan slip dan……..gusraaaakkk.! Ciiittttt….braaakkk!!!. Motor matik dengan pengemudi dan boncengernya itu pun jatuh kesamping kanan dan agak terseret sedikit, selang 1-2 detik kemudian pengendara motot sport 150cc dibelakangnya tak bisa mengendalikan keadaan, berupaya menghindar namun motor yang sudah mengerem hingga ban belakang ‘ngesot’ pun mengenai pengendara matik yang sudah terjatuh dan seketika motor sport tersebut jatuh dan pengendaranya lebih dahulu melompat sesaat sebelum motornya jatuh diatas aspal tepat diluar jalur busway. Ngeri.

Beruntung sekali saya tidak terlibat dalam insiden padahal kejadian jatuhnya pengendara motor matik itu tepat didepan..namun saya mengambil posisi zigzag saat berkendara dan membaca pergerakan pengendara motor matik itu (SEE) sehingga alhamdulillah selamat dan tidak terlibat insiden. Berhenti dan toleransi antar pengendara motor terlihat saya membantu membangunkan mptor matik dan kemudian membantu memapah yang jatuh agar bisa berdiri setelah itu lanjut jalan lagi.

Sampai rumah saya menganalisa kembali kejadian yang terjadi tepat didepan mata kepala saya tersebut. Kemungkinan yang saya simpulkan dalam kondisi hujan deras dan aspal yang licin motor matik tersebut slip ban depan saat mau pindah jalur melintasi garis putih putus-putus lalu kemudian pengendaranya panik menekan rem depan dan terjadilah insiden tersebut, lalu motor dibelakangnya sedang melaju untuk mendahului pun kaget dan tak sempat mengendalikan motor sehingga terlibat dalam insiden kecelakaan tersebut. Kedua motor tersebut tidak terlalu rusak parah, masih bisa nyala dan berjalan, pengendranya pun demikian, masih bisa melanjutkan perjalanan.

Bagi para pengendara motor sekoga tetap waspada terhadap kondisi jalanan, jarak dan situasi kendaraan sekitar, karena berkendara dalam kondisi hujan cukup menyulitkan, baiknya berenti berteduh sambil menunggu hujan agak reda.

3 thoughts on “Tetap Waspada Ketika Berkendara Saat Hujan Deras

    blognyamitra said:
    January 19, 2014 at 6:03 pm

    Kondisi sekarang, jalanan yg semula mulus jadi banyak lubang cak.

    Like

    bodats said:
    January 27, 2014 at 7:49 pm

    yah kalo lagi hujan, mampir dulu lah, di tempat yang bisa menghilangkan pegal, penat dan kelelahan.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s