Jalan Iseng ke Gunung Bunder: Nyoba Jalur Lain Menuju Gunung Bunder

Posted on Updated on


Membaca sebuah notifikasi dari facebook saya yang rupanya, teman-teman Binusian2009 yang tergabung dalam grup Arisan binusian2009 mengadakan penutupan Arisan putaran ke 2 ini yang diadain di Kawasan Wisata Gunung Bunder di Salak Endah, Bogor, Jawa Barat. Ngeliat dan tau lokasi yang lumayan deket , wait? deket? iya, deket kok kalo dari rumah, cobain deh, kalo gak deket juga yah jauh berarti hahaha. Nah berhubung pas banget nih, lokasinya gak terlalu jauh juga (gak jadi bilang deket deh:mrgreen: padahal emang deket loh) , planningin bakalan kesana naik motor, itung-itung short trip pemanasan ke Sawarna bareng FR2 Chapter Tangerang nanti. Tapi rencana cuman rencana, si kesayangan my Redzzo (re: pulsar220) rupanya sudah ada peminatnya dan harus dilepas H-7 sebelum keberangkatan. kontak sana-sini ternyata bro Bayu berbaik hati sekali loh dengan meminjamkan si Tigy buat saya tunggangi, yiiha tinggal siapin rute.

Tadinya saya pikir ada yang barengan juga naik motor, oh ternyata saya sendiri rupanya, hahaha, gak apa-apalah sudah biasa sendiri #eeaa , cari rute buat kesana, emang sih udah pernah kesana, tapi naik mobil bareng temen juga, jadi ambil rute aman yah kalo dari rumah saya di Karawaci ambil arah BSD terus menuju Puspitek melewati Serpong kemudian masuk ke Ciseeng Prumpung terus hingga ke arah Jalan Raya Parung Bogor, kemudian di Pertigaan Soleh Iskandardinatta (tanah sareal) belok kanan buat ke arah IPB Dramaga, dari IPB Dramaga lurus terus ikutin jalan hingga nanti ke Jalan Raya Leuwiliang, karena jalannya itu aja terus belok kiri di plang jalan arah masuk Gunung Bunder. itu rute aman, yang saya tau, tapi kali ini saya mau nyeleneh, yakin ada jalan lain buat memotong jalan buat sampe ke jalan raya Leuwiliang. cek di Gmaps akhirnya nemu juga, kalo tadi dari arah BSD terus menuju Puspitek melewati Serpong kemudian masuk ke Ciseeng Prumpung kali ini ambil yang ke arah Rumpin kemudian belok kiri ke arah Ciampea hingga tembus ke Jalan Raya Leuwiliang.

Ini Rutenya
Ini Rutenya (klik aja)
Arah Papan Jalan Jelas. (foto: gilang)

Kondisi jalannya? kalo di Ciseeng Prumpung seperti biasa, jalan yang dulunya mulus di aspal, sekarang udah rusak lagi, hampir di beberapa bagian jalan yang sudah pernah diperbaiki kembali rusak, bahkan ada yang lebih parah, sakit emang nih jalanan kayak begini. Lepas Ciseeng Prumpung belok kanan menuju Rumpin, wuih jalannya lumayan enak, ada sih lobang, tapi bisa diatasin lah dengan baik, sampai belokan ke arah ciampea, nah ini dia, ini bagian jalan yang variasinya bener-bener dah, dari mulai jalan bagus – jalan bagus banget mulus – jalan agak mulus – jalan rusak – jalan rusak parah gak berbentuk aspal, mungkin ada selama 15 menit ngelaluin jalan yang rusak parah tanpa aspal, ampun dah.

Blusukan bro. (foto: gilang)

Tapi setelah lewatin jalan yang rusak parah tadi bakalan nemu lagi jalanan yang lumayan mulus dan ada beberapa spot tikungan yang cukup tajem menggoda buat mereng-mereng #ahaii. Lepas dari jalan kecil yang cuman bisa dilalui 2 kendaraan tadi, ketemu jalan Leuwiliang yang mulus dan gak terlalu ramai pada sore itu, lagipula berhubung udah sore dan kudu ngejar solat ashar buat di lokasi, saya terpaksa memacu rpm si Tigy lebih tinggi tapi gak nyampe redline loh Bay xixixixi dan si Tigy lansiran 2006 akhir emang enak juga diajak narik-narik walaupun getarannya sampai ke biji. Kurag lebih 10 menit jalan, akhirnya nemu persimpangan arah masuk kawasan Gunugn Bunder, plang jalannya terlihat jelas, darisini jalanan terus nanjak, disini nih yang lama terasa jauh banget. Dari estimasi di Google maps buat sampe ke atas hingga lokasi penginapan di Pondok Rasamala dengan jarak sekitar 70 kilometer dan waktu tempuh 1 jam 40 menit, saya menempuhnya sekitar 2,5 jam perjalanan. Start dari rumah sekitar jam stengah 3 sampe lokasi penginapan Pondok Rasamala sekitar jam 5 sore, cepet yah? kan deket dibilangin tadi diatas, hehehe. Sampe loaksi penginapan, ternyata teman-teman mengeluhkan jauhnya perjalanan dan kondisi jalan yang macet ketika lewat jalur IPB Dramaga, hihihi untung saya lewat jalan tembus lain, jadi gak ada macet, yang ada jalanan rusak hahaha.

tanpa aspal
tanpa aspal

Note: Beberapa foto dari Facebooknya kakak Gilang cherrycola , soalnya pas berangkat gak sempet foto-foto, nguber waktu hihihi

9 thoughts on “Jalan Iseng ke Gunung Bunder: Nyoba Jalur Lain Menuju Gunung Bunder

    #99 bro. said:
    March 19, 2013 at 12:28 pm

    yes…

    Like

    Triyanto Banyumasan said:
    March 19, 2013 at 10:36 pm

    Pulsar ama Tiger enakan mana cyin ?😀

    Like

    lexyleksono said:
    March 22, 2013 at 1:27 pm

    2 minggu lalu saya melewati Ciseeng – Prumpung ini.., parah emang rusaknya. Keren nii riding reportnya..!!

    Like

    Ferry said:
    April 12, 2013 at 8:58 am

    Gunung bunder tuh di bogor ? ane baru tau😀
    KEREN !
    http://ow.ly/jZise

    Like

    Leopold S said:
    April 20, 2013 at 2:40 am

    Rute yg perlu dicoba nih….
    Makasih bro utk sharing ridingnya

    Like

    extraordinaryperson said:
    May 2, 2013 at 7:48 pm
    -♥ ۩Җ Sarung_Jok_CoolTech Җ۩♥- said:
    May 28, 2013 at 9:31 am
    Era said:
    October 7, 2015 at 10:33 am

    Om rute paling deket paling cepet pling enak dari serpong liwat mana om hahaaa.. mau ajak baby halan halan

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s