“Pir..kiri depan ya Pir..!”

Posted on Updated on


Pir..kiri pir..!

Pir..depan stop pir..!

Beberapa diantara kita mungkin pernah mendengar ucapan seperti kalimat diatas ketika naik kendaraan angkutan umum, entah itu di angkot, metromini ataupun di bus. Biasanya panggilan ‘Pir’ tersebut ditujukan kepada pengemudi atau supir dari kendaraan yang sedang dinaikinya, mungkin agar terdengar lebih singkat dengan memanggil si pengemudi dengan sebutan ‘Pir’ istilahnya ya panggilan dari si supir kendaraan tersebut. Mereka yang mungkin sudah biasa memanggil dengan sebutan ‘Pir’ ya biasa saja, tapi apakah tidak merasa terdengar aneh? jujur bagi saya sendiri sih terdengar aneh banget, kayaknya gak asik dan rasanya kurang etis aja gitu memanggil supir kendaraan dengan sebutan ‘Pir’ , kenapa aneh? ya karena kesannya kok jadi merendahkan kegiatan/pekerjaan tersebut. Seperti terjadi penurunan makna ketika menyebut kata supir dengan menyebut kata ‘pir’ (bagi yang ahli tata bahasa pasti lebih mengerti monggo dikoreksi). “Loh memang itu kan pekerjaan mereka, ya supir jadi kalau kita panggil ‘pir’ ya sah sah saja” begitu kata teman saya. Namun bagi saya tetap saja pengemudi/supir merupakan pekerjaan yang punya nilai, dan sekali lagi bagi saya panggilan ‘Pir’ kepada pengemudi terkesan merendahkan pekerjaan tersebut, dan menginterpretasikan bahwa yang memanggil ‘pir’ itu seakan lebih tinggi.

Saya memang bukan ahli tata bahasa Indonesia, tapi setidaknya saya paham bagaimana menghargai orang lain yang sedang bekerjasama dengan kita dengan panggilan/sebutan yang enak didengar. Lagipula apa susahnya sih kalau kita sedang naik angkutan umum dan ingin berhenti mengganti kata panggilan ‘pir’ tadi dengan ‘pak’ , misalnya “Pak, kiri depan pak” atau “Pak ..depan stop pak”  gimana? lebih enak didengar kan dibanding seperti kalimat yang ada di awal tulisan ini.

Pengemudi angkutan umum
Pengemudi angkutan umum. (sumber foto: istimewa, google)

10 thoughts on ““Pir..kiri depan ya Pir..!”

    jape methe said:
    February 20, 2013 at 8:28 pm

    kalau saya biasanya panggil pak atau bang, tapi perasaan malah lebih sering sopir yg tdk menghormati penumpang dg ngetem lama dan sembarangan, mana ngerokok sembarangan dan begitu jalan jg sruntulan

    Like

    pak tarno said:
    February 20, 2013 at 10:05 pm

    ah, biasa aja kali, sama aja dengan dokter yg dipanggil “dok”. masih untung bukan dog. atau abang becak yg di daerah saya dipanggil “cak”. juga ojek yg sering diambil singkatnya aja “jek”
    jek…ojek….anterin gue ke….

    Like

    Triyanto Banyumasan said:
    February 20, 2013 at 11:02 pm

    ada yang menganggap biasa, ada yang menganggap menyimpang kayak lo, biasa ajah lah, misalnya “Wo… beliin Nasduk Adinda dong Wo” seharusnya kan “Jar … Beliin Nasi Uduk @ndaholmes dong” Apa susahnya mengganti “WO” dengan “JAR” #eh

    Like

    deidara said:
    February 23, 2013 at 1:54 pm

    disini gak ada yg ngomong pir..
    pasti ngomong pak atau bang,.
    baru denger ada yg ngomong pir

    Like

    blognyamitra said:
    February 23, 2013 at 6:57 pm

    jgn lupa kalo turun dari metromini dahulukan kaki kiri, kalo gak bs ndlosor xixixi… 🙂

    Like

    james said:
    February 25, 2013 at 3:25 pm

    kalau saya pake bang…bang kiri depan bang…

    Like

    Bearing said:
    March 1, 2013 at 10:33 am

    kalau saya bialngnya stoping here ( stop pinggir )
    hehehe

    Like

    extraordinaryperson said:
    March 11, 2013 at 2:16 pm
    Ferry said:
    April 12, 2013 at 9:01 am

    biasanya ane panggil “om” hahaha
    http://ow.ly/jZise

    Like

    KainLaps said:
    June 3, 2013 at 2:23 pm

    Hahahaha

    Kalau aku dimedan naik angkot biasanya ku bilang begini,

    “Bang, pinggir depan yah”

    Pernah aku waktu di jakarta naik angkot lupa aku mau ke daerah mana dan aku bilang juga begini,

    “Bang, pinggir depan yah” (yg didalam angkot semuanya pada liatin aku🙂 )

    Like

Leave a Reply

