Pertama Kalinya Mesin Overheating

Posted on Updated on


Ini kali pertama si Redzzo, Bajaj Pulsar 220 saya mengalami overheat atau panas berlebih yang dihasilkan dari kinerja mesin. Sebelumnya belum pernah mengalami gejala overheating saat macet macet ala Jakarta yang cukup jahanam atau macet-macetan di kawasan Puncak mengejar truk #eh.

Malam minggu kemarin sepulang dari tempat seorang kawan diderah Tajur, Bogor yang memang pada saat itu dilanda hujan deras saya memutuskan untuk pulang menerabas hujan, tentunya dengan mengenakan jas hujan dong. jalanan ramai lancar di kota Bogor namun hujan tetap deras, hingga pada saat memasuki wilayah Parung yang sedang ada perbaikan jalan sehingga motor harus berjalan pelan sekitar 30-40km/jam disitu pula indikator kedua dari kiri  di panel speedometer Redzzo berkedip, awalnya gak tau kenapa ini  kedip-kedip padahal saat itu masih hujan sesekali bahkan menerpa genangan air.

Indikator ke 2 dari panel menyala

Dugaan awal pertama saya ialah “waduh jangan-jangan oli nya kurang nih” dah lah jalan dulu aja sekitar 15 menitan itu indikator kedua dari kiri masih berkedip begitu masuk belokan ke arah Ciseeng saya memutuskan berhenti dahulu buat mengecek, coba hubungi kawan yang pakai pulsar dan juga rekan OBI yang domisili sama di tangerang yaitu bro Marlin bilang dengan pedenya “itu aki lu tekor bro”, ah saya gak percaya, rasanya bukan aki nih ya saya meragukan diagnosa bro Marlin yang pernah mengalami piston pecah, hehehe. Akhirnya browsing  pake handphone ke thread Pulsar Kaskus (Bapukers) dan saya menemukan jawabannya, ternyata itu indikator suhu mesin yang mengalami panas berlebih. Lah maklum saya selama ini bawa mbebeke kwek kwek supra fit, mana ada indikator suhu mesin, yang ada bablas terussss, hihihihihi.

Baiklah sembari nunggu mesin adem, kalo kata salah satu kawan di FR2 Chapter Tangerang “ngopi aja tiga gelas tapi ngopinya jangan buru-buru” hahahaha. Menunggu mesin adem ditengah guyuran hujan, sementara saya menikmati mie rebus panas dan teh tawar panas di warung yang ada di sekitar situ, hampir setengah jam saya coba cek lagi, Alhamdulillah indikator tadi sudah tidak berkedip dan selama perjalanan pulang lancar jaya.

19 thoughts on “Pertama Kalinya Mesin Overheating

    #99 bro. said:
    November 20, 2012 at 7:44 pm

    pertamaxxxx guyur ujan masih kepanasan…

    pasang AC mas bro..

    Like

    anggiwirza said:
    November 20, 2012 at 9:02 pm

    udah oil cooler masih overheat yak…

    kadang kalo bawanya terlalu pelan, sirkulasi panas mesin juga jadi gak bisa kebuang sempurna kk..

    jadi sekali-sekali perlu dibetot pzzonyah :shy:

    Like

      fajardinihari88 responded:
      November 20, 2012 at 9:15 pm

      ya itu tadi, dari Tajur – Parung biar kata ujan deres tapi jalannya pelan nggi soalnya rame..
      klo dibetot ya terbang dong hahaha

      Like

        anggiwirza said:
        November 20, 2012 at 10:06 pm

        iya bisa jadi itu penyebab overheatnyah…

        sesekali diterbangin kk pzzonya :ngakak

        Like

    Rovi sezy said:
    November 20, 2012 at 11:52 pm

    sensor error karna hujan.. pzzo ane jg kadang indikator oli kedip2 waktu hujan !! hujan ko overheat gk mungkin bro..

    Like

      mimin said:
      November 21, 2012 at 8:56 pm

      bisa sensor rusak, oli kurang, atau oil coolernya yg ketutup kotoran jadi ga ada udara yg masuk

      Like

    darsonosu said:
    November 21, 2012 at 9:09 am

    selama pake pulsar, dulu 180UG4, kena macet parah ujan2 juga nggak pernah overheat, kalo pake p220 temen malah pernah kerasa kaya kopling selip saking macetnya jalan, selama motor nggak kerasa berat, tidak spt biasanya dan oli mesin masih cukup, insya allah aman🙂
    kalo pulsar sih, kalo bisa ngecek ketinggian oli rajin, tiap pagi pas manasin motor kan sempet

    Like

      fajardinihari88 responded:
      November 22, 2012 at 6:51 pm

      nah….ini nih om ben, kemrin juga sempet slip, dari gigi 1 ke gigi 2 beberapa kali, sekitar 3-4 kali loss,,,hehehe

      Like

    sabdho guparman said:
    November 23, 2012 at 9:31 am

    bisa jadi soket sensor nya yang di oil cooler kotor bro, coba lap pake tisu sampe kering dan bersih pasti kedipan sensor temperatur di panel spidometer akan mati . . .

    si gambot yang udah pake piston pio dan stroke up aja yang panas mesinya diatas standar gak nyala sensor panas mesinya . . .

    keep brotherhood,

    salam,

    Like

      fajardinihari88 responded:
      November 23, 2012 at 12:51 pm

      socket sensor nya ada dimana yah???bingung..maklum belum kenal motor banget inih

      Like

    Triyanto Banyumasan said:
    November 23, 2012 at 11:14 pm

    Ndeso. Speedo pulsar ga bisa buat patokan, kecuali mesin mati krn panad tu baru overhet, lha pzzo ku ngedip mulu tuh baik suhu, oli aja kadang begitu. Kotor tuh sensornya cuk kecipratan lumpur roda truk puncak, makanya jangan biadain berkendara di belakang truk *ngakak guling guling

    Like

      fajardinihari88 responded:
      November 26, 2012 at 10:21 am

      lah…ya antisisapi eh antisipasi apa salahnya toh min, hehehehe

      Like

    risky andrian said:
    December 3, 2012 at 5:12 pm

    hhhhmmm sesuai dengan article disini ga nih.. beneran bisa jadi pesaing ga yahh..?? http://review.ghiboo.com/bajaj-pulsar-220-motor-sport-murah-pesaing-tiger-dan-scorpio

    Like

    elena lania said:
    December 3, 2012 at 5:17 pm

    menyimak aja deh.. maklum baru punya cita2 mau beli motor itu..

    Like

    phelonk_007 said:
    December 27, 2012 at 11:28 pm

    antisipasi boleh bro… tapi tetap tenang yah sensor pulsar emang trlalu sensitif/genit.

    Like

      fajardinihari88 responded:
      December 28, 2012 at 8:13 am

      Hehehehehe…bener bro..kayaknya emang sensitif..tapi tetep aware lah

      Like

    young said:
    May 13, 2013 at 9:45 am

    saya juga pernah ngalami pulsar 220 overheat, sering setelah habis ganti olie, ternyata karena tutup oli tidak rapat karena kotoran yang menempel di oil sealnya, jadi udara vakum masuk lewat tutup oli itu bukan lewat filterbox.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s