Puskesmas ooh Puskesmas…Ironi Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Posted on Updated on


Pusat Kesehatan Masyarakat, biasa dikenal dengan Puskesmas. Beberapa kali datang kesini hanya sekedar mengantar Ibunda tapi baru kemarin untuk pertama kalinya sedikit terpaksa berobat ke Puskesmas di deket rumah. Puskesmas Baja kota Tangerang, itu nama tempatnya, karena terletak di Jalan Baja  deket lapangan sepakbola. Dilihat secara sekilas Puskesmas ini cukup bagus, sudah ada perbaikan dari segi kelayakan bangunan, tempat parkir dan halaman yang lumayan cukup buat menampung belasan motor, namun sayangnya beberapa pedagang asongan masih menempati areal ini, tak apalah, toh mereka juga berharap ada rejeki yang hadir dari para pasien/pengantar di Puskesmas tersebut.

ada harga, ada rupa, begitu kesan saya mengikuti pengobatan di Puskesmas baja ini. Pelayanan terhadap pasien dan kualitas pengobatan? ahh klise, bagi saya cukup ironis dan agak terkejut, kenapa seperti ini yah. begini, pertama kali datang parkir motor, saya bingung harus kemana, banyak loket-loket yang hanya ada papan nama namun tidak jelas, bagi yang pertama kali mau berobat macem saya ini pasti bingung. saya harus kemana???daftar dimana??yang saya lihat semua petugas di Puskesmas tersebut sibuk dengan urusannya masing-masing.

Suasana Tunggu di Puskesmas

Beruntung saat berobat saya ditemani oleh sang Ibunda saya, beliau yang sudah paham siklus Puskesmas langsung bergerak cepat, saya perhatikan alurnya seperti ini: daftar/ambil nomer -> isi form registrasi -> periksa -> bayar&ambil obat ->selesai. Saya perhatikan dari mulai daftar kemudian ambil nomor registrasi kemudian mengisi semacam form di kartu kesehatan lalu menunggu untuk dipanggil, ini lumayan cepat gak sampe 15 menit saya sudah dipanggil, padahal saat itu ada banyak pasien. Ketika tiba giliran saya dipanggil masuk ke balai pengobatan/ruang pengobatan/ruang periksa, ada 3 dokter disitu, eitt bentar..dokter?? ahh saya rasanya janggal menyebut dokter, tampilannya gak cocok disebut dokter, tapi saya masih pegang petuah don’t judge book by the cover, eh tapi nyatanya….emang gak cocok hahaha, lebih tepatnya mungkin bisa disebut petugas medis atau kalau mau sinis saya sebut mantri sekalian.

daftar dan ambil nomor
Ruang Periksa

Masuk ke ruangan petuags medis tadi, saya ucapkan salam selamat pagi, tapi tak ada satupun yang menjawab, diantar 3 petugas medis tersebut, 1 lagi tampangnya gak asik, 1 lagi biasa aja lagi nulis-nulis apa tau, 1 lagi mainan hape, keren!. apesnya saya kebagian di petugas yang tampangnya jutek, lagi saya ucapkan selamat pagi, tapi itu petugas tetap diam dan langsung bertanya “sakit apa? dari kapan? sudah minum obat apa?”, karena saya udah mulai kesel saya jawab singkat sesingkat-singkatnya, dan sejenak kemudian itu petuags medis langsung nulis-nulis di kartu kesehatan, semacam resep obat. Saya yg masih agak kesel nambah bingung “gila!!! sakti nih orang, gue jawab singkat banget doi langsung ngasih obat tanpa periksa, tanpa ngecek tensi, tanpa menyentuh kondisi badan pasien!!!” biasanya kan kalo pasien sakit ditanya-tanya, terus dicek diperiksa, cek tensi, lah ini nggak dilakuin, aseli sakti nih petugas. Form selesai ditulis dan periksa selesai, wow gak ada 3 menit saya diperiksa dan petugas sudah tau harus memberikan saya obatnya apa saja, luarrrr biasa!!! dukun aja kalah sakti mungkin dengan petugas medis ini.

Karena penasaran akan kinerja petugas medis ini, saya coba melihat lagi dari luar jendela ruang periksa, hooo…rupanya memang cara kerja mereka seperti itu, mereka seperti terkesan sangat enggan untuk menyentuh pasien yang sakit kalau tidak perlu-perlu banget, ya ampun….seperti inikah pelayanan kesehatan masyarakat kita? mudah-mudahan tidak terjadi di Puskesmas daerah lainnya.

12 thoughts on “Puskesmas ooh Puskesmas…Ironi Pelayanan Kesehatan Masyarakat

    pecundangtangguh said:
    November 7, 2012 at 10:56 am

    selama kerja selalu keliling daerah , mulai pacitan, jogja, magelang, semarang, pekanbaru, dan medan
    dari kesemuanya yg paling oke puskesmasnya itu puskesmas pekanbaru
    nyaman, bersih, ramah dan gratis😀
    dan untuk dokternya..dokter beneran,….alias cek cek beneran..
    tapi sepertinya emang kalah sakti dengan “dokter” yg sampeyan sebut itu…hahuahuahaa

    Like

    hadi said:
    November 7, 2012 at 11:04 am

    untungnya puskesmas di bandung ga gitu…..terutama di daerah ane (cicaheum) ya….untuk orang yg baru pertama saja mereka langsung hafal dan ngasih tau data apa saja yg harus dicatat.

    Like

      gelarossi said:
      November 13, 2012 at 6:44 am

      Wah saya yg tergolong apes kali ya buat daerah Sarijadi. Mantrinya ibu-ibu jutek!!! Aseli, nanya keluhan tapi kaya ngajak adu debat. Kita bisa melakukan tensi sendiri, eh malah makin kaya yang tersinggung hahaha…. Sampe kepikiran, kalo cape dan males ngobatin orang, ya udah resign jadi PNS. Memang, ada harga ada rupa😛

      Like

    Triyanto Banyumasan said:
    November 8, 2012 at 8:18 pm

    Wow.. Luar biasa itu pelayanan, dari gambar terlihat banyak warga yang memanfaatkan fasilitas ini, tapi dari cerita terpapar petugas semaunya, apa mereka sudah bosan melayani, ..alasan gaji kurang kaya anggota DPR ? Hasyahhh Indonesiaaaaaaaaa…… Ku

    Like

    jahe said:
    November 10, 2012 at 10:45 am

    ga semuanya kaya gt, kena apess aja ,

    Like

    bitlow said:
    November 12, 2012 at 8:32 pm
    Haroem said:
    November 22, 2012 at 11:22 am

    Sepertinya yang di alami mas sama seperti saya tuh.. di puskesmas daerah tg priok seperti itu juga.. tapa di cek langsung aja dikasi obat.. ckckckck sukur2 obatnya manjur nah kalo salah obat😀

    Like

    ruryayunda said:
    December 6, 2012 at 4:17 pm

    pernah saya mencoba berobat di puspesmas tapi pelayanan dari orangnya sangat mengecewakan -_-

    Like

    debiariyanti said:
    December 10, 2012 at 9:11 am

    ternyata masalah yang dialami masyarakat rata2 pada pelayanan puskesmas yang kurang baik/memuaskan yaah..
    mudah2an aja dengan gubernur yang baru sekarang, pelayan dipuskesmas jadi lebih baik lagi,,

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s