Waspada Terhadap Tutup Saluran Air dari Besi

Posted on


Bagi para pemotor pasti sering menemui tutupan saluran air, ada yang berupa tutup gundukan dari beton ataupun dari besi, nah biaanya kita sering menghindar ketika menghadapi handicap seperti ini, karena pemotor kebanyakan sudah tau, kalau tinggi tutup saluran air pasti tidak sama dengan badan jalan, ada yang ketinggian dan ada pula yang kependekan, tak pelak seringkali juga kecelakaan terjadi akibat handicap ini dan kurang sigapnya pemotor melewati hal tersebut.

Contoh tutup saluran air. (Foto: semarang.indonetwork.co.id)

Saya pernah mengalami hal buruk terhadap tutup saluran air yang terbuat dari besi baik itu teralis ataupun lempengan tebal (biasanya buat nutup pekerjaan sementara). Ketika itu saya berkendara dalam keadaan cuaca hujan deras, begitu sampai di kawasan Dukuh Bawah dimana terdapat bagian penyambung saluran air di underpass dukuh bawah saya dan motor agak oleng dan sempat ngesot, beruntung tidak terjatuh namun yang terjadi setelah itu .. loh ban belakang geal geol dan… oh damn!! seketika sadar pasti ban belakang bocor. Kisah itu saya tulis disini, balik lagi ke bagian tutup saluran air tadi, sorenya saya melintasi underpass dukuh bawah lagi, pas banget macet-macetan nah pas tepat di tutup saluran air, tersebut saya paham mengapa ban saya bisa bocor, bagian las-las’an sisa pada tutup saluran itu ternyata meruncing! wuidih kalo nggak paham bagaimana melewatinya ya bisa bahaya, bisa menyebabkan kecelakaan.

Ilustrasi. (sumber foto: http://foto.news.viva.co.id/read/953)

Lalu, siapa yang bertanggungjawab terhadap tutup saluran air tersebut? dinas pengairan?dinas tata kota?, yah nggak usah berharap banyak dari perbaikan akan tutup saluran air tersebut, dari sisi kita sendiri, kita harus lebih waspada dan aware terhapad hal-hal seperti ini termasuk ketika melintasi jalan yang ada tutup saluran airnya.

10 thoughts on “Waspada Terhadap Tutup Saluran Air dari Besi

    jaka said:
    July 12, 2012 at 10:09 am

    ya semoga aja segera diatasi aja om sama yang memang berkewajiban,, he

    Like

    nadiaananda said:
    July 12, 2012 at 10:11 am

    Baca artikel ditambah ngemil Gorengan plus cabe nya.. Mantepp sangadh.. Jadi Semangat..!!šŸ˜›

    Like

    z1rider said:
    July 13, 2012 at 5:43 pm

    Bikin kepleset & bikin bocor ban. Ngga lolos standarisasi harusnya, hehehešŸ˜†

    Like

    Azdi - SociusRider said:
    July 13, 2012 at 9:22 pm

    mending kalo tutup saluran air, lah bekas galian yg ditutup pake besi ga kalah bahayanya tuh diseputaran senayan:mrgreen:
    http://sociusrider.wordpress.com/2012/07/13/motor-aing-kumaha-aing-sumpe-loh/

    Like

    haroem said:
    July 17, 2012 at 6:49 pm

    Betulll harus waspada !saya juga pernah seperti ini.. semakin mencekap jalanan jakarta bukan hanya jalanan rusak tapi tutup saluran air juga salah satunya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s