Kecewa Berat Dengan Pengembalian 10 Unit Bus oleh Pemkot Tangerang

Posted on


Malam tadi (27/02/2012) baca berita di detik.com soal pengembalian 10 unit bus MRT (sejenis bus Transjakarta) oleh Pemkot Tangerang kepada Kemenhub membuat saya kecewa berat, dengang-dengung soal ketersediaan transportasi publik yang aman, nyaman dan terjangkau yang terus dilancarkan masyarakat termasuk saya kini bisa dibilang pupus, harapan akan ketersediaan transportasi publik seperti Transjakarta pun hilang seketika. 10 unit bus yang diserahkan dari kemenhub ternyata dikembalikan lagi oleh Pemkot Tangerang, dengan alasan tidak ada pihak swasta yang mau mendanai dan mengoperasikan bus tersebut walaupun sudah dilakukan pemilihan melalui tender/pelelangan.

10 unit bus dikembalikan, karena dianggap ribet

Masyarakat pun seakan bertanya, kenapa dikembalikan? kenapa pihak swasta tidak ada yang mau mendanai?, kenapa pihak pemerintah pun berat untuk mendanai melalui APBD?, padahal jalur yang dinamai dengan Bus Lane sudah dibuat, bahkan shelter-shelternya pun sudah ada, hanya tinggal melengkapi saja. Apakah Pemkot ingin tetap menyelamatkan trayek-trayek angkot yang jalurnya dilewati Bus Lane tersebut? hanya saja jika tetap ingin membela angkot, perbaiki sistem angkutan umum, tindak tegas angkot-angkot yang tidak sesuai ketentuan dan peraturan, jangan biarkan angkot dengan supir tembak yang tidak jelas, kondisi kendaraan yang kurang layak jalan, selama ini Pemkot terkesan diam, walaupun kemarin-kemarin gembar-gembor soal supir angkot berseragam dan memiliki KTA tapi hingga sekarang pun saya lihat kok malah makin hilang!!!. Tidak mudah memang mengembangkan sistem transportasi seperti yang dicanangkan pemerintah pusat, namun sudah selayaknya Pemkot Tangerang mau mencoba sistem transportasi tersebut, mungkin pendanaan operasionalnya bisa dibagi dua dengan pihak swasta atau bagaimanalah, saya rasa itu bisa diatur (birokrat dan pejabat kita pandai mengatur segala hal kok :mrgeen: ), bukannya malah mengembalikan 10 unit bus yang sudah diserahkan.

Jujur, saya termasuk yang mengharapkan sekali Bus Lane ini beroperasi, harapan saya tadinya ialah Bus Lane tadi dapat bersinergi dengan feeder-feeder bus yang lain disekitaran Karawaci hingga BSD. Namun pengembalian 10 unit bus tadi yang dianggap MEREPOTKAN pihak Pemkot Tangerang nyatanya malah dikembalikan dan transportasi publik kembali mundur. Biar nggak dikata mubazir, bagi pihak Kemenhub, mungkin 10 unit bus tersebut bisa dialihkan saja ke daerah yang membutuhkan, saya rasa masih banyak didaerah-daerah lain yang membutuhkan bus tersebut.

14 thoughts on “Kecewa Berat Dengan Pengembalian 10 Unit Bus oleh Pemkot Tangerang

    antzlovers said:
    February 28, 2012 at 9:32 pm

    sayang banget… padahal berharap ada seperti “TransJakarta” di Tangerang.

    sesuatu yg mubazir… mungkin beberapa tahun lagi Bus Lane or Shelter yg terlanjur dibuat akan rusak termakan usia serta tangan2 yg tdk bertanggung jawab. kemudian proyek tersebut hilang begitu saja tanpa realisasi. :nohope

    Like

    Yoshi said:
    February 28, 2012 at 10:16 pm

    Kok bisa begitu ya? Aneh.
    Apa dulu gak ada pertimbangan resikonya, sehingga begitu mudah meng-cancel project.

    Like

      fajardinihari88 responded:
      February 29, 2012 at 9:27 am

      entah..banyak kepentingan yang pastinya di lingkup transportasi kota

      Like

    ben said:
    February 29, 2012 at 9:14 am

    duit yang bicara, kalo dikelola oleh pemda nggak sampai setahun juga udah ambrol..

    Like

    yahonsuwakanja said:
    February 29, 2012 at 1:58 pm

    berarti pemkot tangerah adlh orng2 yg terbelkng mentalnya…

    prihatin..

    Like

    Igfar Pramarizki said:
    February 29, 2012 at 2:07 pm

    aroma korupsi tercium saat pembangunan shelter

    Like

    mydasign said:
    February 29, 2012 at 2:13 pm

    pemerintah lebih mementingkan kepentingan pengusaha angkutan dari pada memberikan sarana transportasi yg aman, nyaman, dan murah kepada rakyatnya….

    Like

      fajardinihari88 responded:
      February 29, 2012 at 5:33 pm

      yaaa…pendukungnya pak walkot ya pengusaha pengusaha angkot ituuu lohhh hihihihihi

      Like

    buitenzorgboy said:
    February 29, 2012 at 2:21 pm

    ga ada lahan buat dikorupsi makanya dibalikin lagi…. dasar semprul.

    Like

    coba tanya pak wali ah…

    Like

    icaq said:
    March 3, 2012 at 12:26 pm

    kalo gak mau pusing…jgn jadi pejabat. jd pejabat kok maunya yg simpel2 aja.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s