Mengantuk Saat Berkendara? Segera Menepi dan istirahat!!

Posted on


Ini serius!!, banyak banget para pengemudi roda 4 ataupun roda 2 yang menyepelekan masalah mengantuk ketika sedang berkendara, mungkin karena kelelahan akibat bekerja atau bisa jadi hal lain, tapi yang nggak gue habis pikir ternyata memang banyak banget orang – orang yang seakan untuk terus memaksakan diri mengemudikan kendarannya dikala orang tersebut tahu bahwa rasa kantuk melanda.

Tahukah anda ketika mengantuk dan hilang konsentrasi sedetik pun anda dalam bahaya?bahkan bukan anda saja, tapi pengguna jalan lain pun sama dalam ancaman bahayanya akibat hilangnya konsentrasi karena mengantuk. Beberapa teman yang gue konfirmasi hal ini mereka mencoba melakukan jawaban bantahan dengan berbagai alasan, seperti berjalan dengan pelan, atau mendengarkan musik. Cuma bagi gue itu bukan jawaban yang sebenarnya, bahkan efek mengantuk pada pengendara roda 2 dan pengendara roda 4 pun berbeda, tetapi bahayanya jelas sama, misal pengendara roda 2 ketika ia hilang konsentrasi karena mengantuk bisa menyebabkan motor oleng, langsung jatuh bahkan seringkali berakhir mengenaskan dengan meregang nyawa dijalan.

Lalu bagaimana mensiasatinya, pada saat mengantuk bagi gue masih ada hal-hal yang bisa ditolerir, yang mana tahap mengantuk pertama ini kita masih sadar dan masih bisa mengendalikan kendaraan, sebaiknya hal ini diwaspadai, dan kalau bsia secepat mungkin berhenti sebelum dimana saat pandangan dan konsentrasi serta kontrol berkendara sedikit hilang dan beralih fungsi ke tahap nagntuk selanjutnya layaknya “autopilot” dimana kita merasa bergerak sendiri. Dan bila sudah mencapai tahap ini , sumpah, segera menepi, cari tempat pemberhentian yang nyaman, lalu istirahatlah dengan tidur sejenak.

istirahat di SPBU

Serius, tidur sejenak 15-20 menit yang lazimnya disebut Power Nap, akan mengembalikan energi tubuh yang cukup untuk menyelesaikan kegiatan berkendara. Kalau gue sendiri? mampir ke SPBU terdekat yang ada, parkir motor, gembok motor, cari tempat yang “pewe” dan tidur sejenak..hehehehe.

Sekali lagi, kalau merasa mengantuk segera menepi dan istirahat, jangan sampai anda mengancam keselamatan nyawa anda sendiri dan orang lain.

4 thoughts on “Mengantuk Saat Berkendara? Segera Menepi dan istirahat!!

    #99 bro said:
    October 23, 2011 at 1:08 pm

    setuju..
    ngantuk ya bobok dulu

    Like

    rachman said:
    October 24, 2011 at 1:31 pm

    BBT gitu kang fajar?
    # bobo bobo tiang kang…hahahhaha

    Like

    nunoo said:
    October 30, 2011 at 11:13 pm

    setuju banget.. gw juga memilih untuk cari SPBU yang ada rest areanya untuk istirahat/tidur.. biarpun cm 20 menit tp setelahnya ngantuk ilang😀

    Like

      fajardinihari88 responded:
      October 31, 2011 at 7:38 am

      sipp..!!1 istirahat dengan tidur jauh lebih baik mas bro

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s