Ganti Oli Sendiri, Lalu Oli Bekasnya Dibuang Kemana?

Posted on


Sebenarnya lebih mudah memang jika tinggal datang ke bengkel, dan langsung bilang “ganti oli anuuu dong mas ” ke mekanik bengkel. Tapi sebagai pengendara motor, kemampuan untuk mengganti oli sendiri harus dipunyaik, selain lebih tahu, walaupun sebelum-sebelumnya yah kudu main-main ke bengkel temen biar tau caranya.

Oli Bekas (Foto: Ilustrasi)

Nah, akhirnya gue coba ganti oli sendiri deh, plus sebelumnya ditambah baca-baca pengalaman teman-teman blogger yang katanya kalau ganti oli, bak penampung oli jangan disemprot pakai angin kompresor, lah memang dirumah juga nggak ada kompressor.

Setelah oli bekas mengucur keluarrr dan oli baru sukses dituangkan, sejenak gue bingung, bingunya “musti dibuang kemana ini oli bekasnya?” . Masa harus dibuang ke Got saluran depan rumah sih?, walah malah mencemarkan lingkungan dong itu. Terus gimana?Masak iya oli bekasnya dimasukin ke dalam botol oli lagi, terus dibuang ke tempat sampah?bahaya juga nih, kalau lagi ada yg iseng bakar-bakar sampah ya bisa meleduk lah itu.

Akhirnya gue tetep nuangin oli bekas tersebut kedalam botol oli kosong, nah abis itu bawa deh itu botol dengan isi oli bekas menuju bengkel, biasanya di bengkel terdapat penampungan oli bekas yang ditampung di drum. Beres terus pulang deh.

eh tapi kalau ada yang punya usul selain buang ke drum penampungan oli bekas bengkel monggo di share lohh.

28 thoughts on “Ganti Oli Sendiri, Lalu Oli Bekasnya Dibuang Kemana?

    extraordinaryperson said:
    October 12, 2011 at 5:32 pm

    saya buang ke got😳

    Like

      Sunandar Rizqy said:
      November 3, 2015 at 10:43 pm

      jangan dibuang di got bung…

      Like

    extraordinaryperson said:
    October 12, 2011 at 5:32 pm

    biar jentik jentik nyamuk mati….alah alasan:mrgreen:

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

    Like

      fajardinihari88 responded:
      October 12, 2011 at 6:04 pm

      jiahhhhhhhh…biar nyamuk matiiiii:mrgreen:

      Like

      timbul said:
      October 24, 2011 at 10:41 am

      kalau mau ngurangi jentik nyamuk di got bisa dengan menempatkan ikan cere (apa ya bahasa indonesianya haha…), ikan ini bandel dan cepat perkembangbiakannya, selamat mencoba…

      Like

        fajardinihari88 responded:
        October 24, 2011 at 10:51 am

        ya ikan cere masbroh nyebutnya mah disini,hehehehe

        Like

    si oom said:
    October 12, 2011 at 6:54 pm

    buat pelumas multi fungsi oom..
    bisa untuk pintu rumah yang seret, rumah kunci yang macet, atau lumasin mesin jahit😆

    Like

    anggiwirza said:
    October 12, 2011 at 7:32 pm

    kalog w sih di buang ke tempat pembakaran sampah..

    kan oli abis tuh kalo di bakar CMIIW

    jadi ya daripada bingung nyari minyak tanah, jadi pake oli deh penggantinya😆:mrgreen:

    Like

    redbullrider said:
    October 12, 2011 at 9:23 pm

    asal jangan diminum aja…wiqiqiqiqi…

    Like

    hanx said:
    October 13, 2011 at 1:07 am

    oli bekas diklasifikasikan sebagai limbah B3 looo (Bahan Berbahaya dan Beracun)… perlu penanganan khusus.

    (menurut pertamina)

    Like

      fajardinihari88 responded:
      October 13, 2011 at 8:39 am

      makanyaa…gue buang ke drum penampungan yang ada di bengkel-bengkel broo

      Like

        hanx said:
        October 13, 2011 at 12:37 pm

        kira2 dari drum penampungan di bengkel diapain lagi om..? wkwkwkwkwk..

        jgn2 jd oli aspal….😀

        Like

          Sunandar Rizqy said:
          November 3, 2015 at 10:46 pm

          dikumpulin. ntar ada yg ambil bung. trus dituker pake duit. katanya sih di jadiin stampad (oli yg di colek colek) hhhh

          Like

    setia1heri said:
    October 13, 2011 at 11:04 am

    jangan dibuat daet om…xixixi😛

    buat pelumas rantai sepda pantjal sadja

    http://setia1heri.wordpress.com/2011/10/13/ngopdarcol-di-…knya-rame-rame/

    Like

    asmarantaka said:
    October 13, 2011 at 2:36 pm
    blognyamitra said:
    October 13, 2011 at 6:35 pm

    Kalo yg punya warung mau terima oli bekas gak yah ???😀

    Like

    smartf41z said:
    October 14, 2011 at 8:48 am

    Buang ke lubang wc disiram yang banyak. Beres deh. Ntar bakal terurai sama bakterinya “pup”

    Like

      onomenulis said:
      October 15, 2011 at 4:40 pm

      wahhh belum pernah coba nih,,, ide menarik dan menyesatkan:mrgreen:

      Like

    jmerahputih said:
    October 17, 2011 at 12:40 am

    di pake buat olesin apa aja di rumah…

    buat rayap juga bisa.. hehhehe..

    di olesin ke kayu.. ehheheh

    http://jiwamerahputih.net

    Like

    ocecoco said:
    October 19, 2011 at 11:10 pm

    jgn lupa dibolongin bawah botol olinya biar mengurangi pemalsuan oli.

    Like

    antzlovers said:
    October 23, 2011 at 7:11 pm

    mending dikumpulin biar banyak..
    klo udah banyak baru dijual ke pengepul oli bekas… nah pengempul itu ada yg nakal & baik.

    ->Yg nakal – oli bekas itu diolah dan dicampur bahan kimia tertentu (recycle) sehingga bisa dikemas ulang menjadi oli palsu dalam kemasan asli.
    ->Yg baik – biasanya oli bekas tsb dijual lagi ke Industri sebagai pelumas mesin2 pabrik atau alat2 berat lainnya…

    Ingat! Jangan pernah buat oli sembarangan ke alam..! Oli termasuk limbah berbahaya dan beracun

    Like

      fajardinihari88 responded:
      October 24, 2011 at 7:34 am

      pengempul yang baik dimanaa?

      Like

        antzlovers said:
        October 26, 2011 at 8:49 pm

        dimana yah….??? :bingungs
        coba tnya bengkel2 pinggir jalan terdekat. Gw pernah liat ada mobil pickup dgn drum2 besar yg nyamperin ke bengkel2 buat beli oli bekas..

        Tapi sepertiny doi beli partai besar bro maxx… jadi lo timbun aja sampe 2 drum baru dijual ke mereka… :ngakak :ngakak

        Just Kidding….

        repot amat… mending ambil sebagian buat pelumas di rumah kya engsel pintu, dsb.
        sisanya lo kasih aja ke bengkel langganan lo… toh nnti dia jual lagi koq…(tapi dalam partai besar)

        Like

    must.mean said:
    January 6, 2012 at 1:56 pm

    bakar aja woo

    Like

    NN said:
    May 14, 2016 at 7:19 pm

    buang olinya di bengkel resmi atau bengkel biasa kayak castrol point ?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s