Mekanik Edan, Oli 1 liter Boleh Diisi Semua ke Mesin 0.8 Liter..!!

Posted on Updated on


Setelah gw cabut dari Bengkel resmi yang gw ceritain disini, masih dengan perasaan kesal, dan pikir gw sekalian ganti oli lah, cek toko oli langganan, ternyata tutup baru buka besok. Langsung pindah ke alternatif bengkel lain yang pemiliknya udah gw kenal dan juga beberapa kali gw bongkar-pasang fast moving parts disitu.

Enduro Racing 1 liter

Kali ini gw coba pilih oli Enduro Racing (akan gw coba pakai ini terus sampai akhir tahun 2011), nah ini oli kan isinya 1 liter, sedangkan motor gw butuhnya 0.8 liter, gw minta takaran literan sama si empunya bengkel dikasihlah, gw kasih tuh gelas ukur ke mekanik buat nyesuain oli yang 1 liter dituang supaya kapasitasnya 0.8 liter, eh tau-tau mekaniknya bilang gini “Yah mas, ni mah dituang semua juga nggak apa-apa kali, nggak ngaruh kok, sama aja”. JEDARRRR..!!! serasa disambar bunyi mesin ‘petasan’ pio:mrgreen: gw bingung, weleh ini mekanik edan kali yah, mesin bebek kwek kwek olinya 0.8 liter dikasih 1 liter dan bilangnya nggak ngaruh apa-apah, langsung mikir ahh nggak bener nih mekanik, tapi gw tetep minta untuk tuangin sesuai kapasitas 0.8 liter.

Pas bayar, gw bilang ke empunya bengkel kira-kira gini, “boss, lu punya mekanik tuh jangan asal comot lah, suruh baca tuh manual motor dan belajar sama lu, nggak bener tuh mekanik lu”, kemudian empunya bengkel balik tanya, “kenapa emang jar?” gwjawab “yaa masa mesin yang kapasitas olinya 0.8 liter boleh dituang oli 1 lietr semuanya, yang bener aja dah”. Eh si empunya langsung agak tersentak sambil berujar “ah..masa? wah geblek tuh orang, ntar dah gw ajarin lagi Jar, sorry yak, dan terima kasih nih udah dikasih tau hal kayak gini kadang gw nggak sempet kontrol langsung ke kerjaan mekanik gw”.

Yasudah, okelah yang pentign si pemilik bengkel udah gw kasih tau, gw bayar sesuai harga yg biasanya, ganti oli memang hal sepele, tapi kalau pemahamannya salah, yah bisa berakibat fatal terhadap mesin motor, apalagi itu motor untuk aktivitas harian dalam mencari nafkah. Pemilik bengkel boleh jago, gapek dan banyak pengalaman, seharusnya mereka menularkan pengalaman dan keahlian serta pengetahuannya kepada mekanik yang bekerja di bengkelnya, agar kejadian edan seperti tadi tak perlu terulang.

24 thoughts on “Mekanik Edan, Oli 1 liter Boleh Diisi Semua ke Mesin 0.8 Liter..!!

    bennythegreat said:
    August 13, 2011 at 11:38 am

    Ancooorr..ini termasuk pembodohan otomotif

    Like

    #99 bro said:
    August 13, 2011 at 11:52 am

    bengkel mana jar…

    Like

      fajardinihari88 responded:
      August 14, 2011 at 1:51 pm

      Bengkel Castrol Cahaya Motor Jalan Imam Bonjol Kav.Karawaci Tangerang…

      Hati2 masbro…., soalnya ada 2 lagi mekaniknya yang oke punya, entah yang 1 itu kenapa bloon begitu

      Like

    Nazarpulangnaikjetmewah said:
    August 13, 2011 at 12:02 pm

    Kembung tu bebek di kasih minum kebanyakan

    Like

    Dismas said:
    August 13, 2011 at 12:12 pm

    wah, si bebek bisa mendem itu mas… Mubazir juga…

    Mending oli yang ini, kali aja cocok untuk Supra Fit…
    http://dizmaz.wordpress.com/2011/08/11/nyobain-oli-motul-3100-gold-10w-40-di-honda-revo/

    Like

    Igfar Pramarizki said:
    August 15, 2011 at 11:25 am

    dulu smash gw juga pernah begitu.. ga sampe 2 minggu, ring seher jebol..

    Like

      fajardinihari88 responded:
      August 15, 2011 at 12:33 pm

      nah…..itu kan akibatnya…

      yang gw bingung Mekanik dapet ilmunya darimana boleh nuangin 1 liter…

      Like

    hadi said:
    August 18, 2011 at 12:33 pm

    emang edan…ane aje suka pake shell helix, masih disisakan….(shell helix cm ada yg 1 liter).

    Like

    sobek2 said:
    August 20, 2011 at 2:09 pm

    jadi dampak buruknya apa aja kisanak buat mesin? Bisa share gak dan mungkin sedikit ulasanya xixixi maap ga ngerti perlumasan mesin saya thanks

    Like

      fajardinihari88 responded:
      August 21, 2011 at 7:23 am

      dapat dilihat komen-komen diatas sebelumnya masbro..silahkan….saya pikir sudah jelas efeknya

      Like

    Cyber said:
    September 26, 2012 at 7:44 pm

    Hahaha…santai aja gan,jangn marah2 gitu…
    Emang gpp ko’ motor new supra x 125R pernah diisi dobel ma bokap pke oli AHM,pas gw bawa ke jakarta krn gk tw gw geber mpe 110km/jam…
    Waktu service dbilngn ma teknisi ahass klo mesin oli di isi dobel,
    Ane tany ma teknisinya ap dampak negatifnya..dia bilang gpp cuma tarikan mesin jd berat,emang tarikan mesin ane rasain berat dan setelah gnt oli perbedaanny kentara bnget…(mekanik ahass loh yg bilang)
    tp mesin mpe sekarang msh mampu lari 120km/jam sndirian..
    Apalagi situ pke oli racing yg notabeoy lbh encer dan cpet nguap jd 1 liter jg ntar menyusut jd 0,8…xixixi

    Like

      fajardinihari88 responded:
      October 9, 2012 at 1:34 pm

      lucu yah?

      Like

      adam said:
      October 19, 2012 at 12:25 pm

      mungkin beda mtr beda akibatnya
      tp jgn coba2 deh kalo nggak terpaksa sesuai ama pabrikan aja
      tapi kalo jadi berat lama2 jebol juga kan gan?
      kayak kalo naek mtr di rem nya nggak loss jadi berat
      menyusutnya lumayan lama mtr2 tertentu malah ada yg nggak kurang

      awalnya saya pakek oli racing juga 10w-40 enak sih enak tp mesin jadi cepet panas nggak nyaman dikaki
      baca dimanual rekom buat mtr ane oli 20w-40
      jadi cr yg mendekati ya 20w-50

      jadi ttp enak spek bawaan pabrik dech

      Like

    iSayuSay said:
    July 6, 2014 at 5:55 pm

    Wah jangan terlalu nyalahin sang mekanik juga brow, bisa juga dia benar lho. Nih pengalaman gw:

    Mesin motor gw ada jendela buat ngintip level oli mesin (mirip kaca di tabung minyak rem), dan kalo gw baca di buku manual sih butuh 2,0 liter (ganti oli thok tanpa kuras n ganti filter).

    Nah gw ikutin saran buku manual motor gw, ganti oli isi 2 botol Enduro racing, berarti pas 2 liter donk, sesuai manual donk?
    Eh taunya 2 liter gw tuangin diintip di jendela oli mesin cuma nyentuh bates “Lower” Lha kalo selama pemakaian ada oli nguap gimana? Dibawah batas low donk?

    Ya terpaksa gw beli 1 botol lagi, tambahin skitar 500ml baru deh pas levelnya di tengah2 garis lower dan upper. Total 2.5 liter donk? Padahal di buku manual jelas2 tertulis ganti oli reguler = 2 liter!

    Artinya ruang mesin masih bisa toleransi oli dalam jumlah sedikit berlebih dan tidak ada masalah. Jangan terlalu terpaku pada apa yang tertulis di buku manual.

    Like

    wsc biolo said:
    September 8, 2014 at 11:58 am

    ga punya motor kalie

    Like

    obat jerawat said:
    September 8, 2014 at 11:59 am

    biar cepet rusak and sevice lagi kalie

    Like

    Ashari Utomo Putra said:
    April 30, 2015 at 12:22 am

    Bebek macam supra fit, grand, legenda kalau kebanyakan oli emang bikin tenaga loyo. Karena mesin bebek gak terlalu panas, cuma panas adem-adem aja.

    Beda hal sama motor gua yang sekarang, si New MX. Di buku kudu 800ml, gua tuang aja 1 liter biar gak kenapa-kenapa, karena mesin tegak dan panas luar biasa mesin new mx itu.

    Like

      andrean setya said:
      May 31, 2016 at 11:46 pm

      Diakalin oil cooler bro

      Like

    jhon hendri said:
    March 19, 2016 at 7:27 pm

    nggak apa2 oli 0,8 dianjurkan oleh pabrik. lalu kita isi dengan oli 1 liter. agar motor lebih awet, dan kedua kita biasa ganti oli 2000 per km. karna kita makai oli 1 liter bisa ganti oli sekali 3000 per km. juga membantu keuangan kantong anda dong.

    Like

    andrean setya said:
    May 31, 2016 at 11:45 pm

    Tapi setau saya kalo.motor dilengkapi atau ditambah variasi oil cooler pemakaian oli sedikit ditambah semisal hrsjya 0.8 jdi 1l, setau saya gtu O.o o.O

    Like

    aris firmansyah said:
    August 20, 2016 at 10:04 pm

    santai gan ukuran oli 0.8 di isi 1L justru membantu ketahanan oli karna setiap pemakaian mesin motor oli itu sedikit demi sedikit akan berkurang terkena panas terbakar dan menguap nah karna ukuran 0,8m di isi 1L maka ukuran lebihnya 0,2m semakin sering di pakai oli itu akan berkurang terbakar dan menguap dapat berkurang melampawi batas normal yaitu kira”0,8 Sebaliknya jika kita isi 0,8 lama kelamaan ukuran oli berkurang melampawi batas tidak normal misal 0,6m yang akibatnya mesin tidak tahan panas dapat merusak seher.kelebihan sedikit pada oli mesin gak begitu berbahaya kecuali kelebihanya itu melampawi batas yang sangat tidak wajar misal 0,8 di isi 1,8L itu baru yang namanya EDAN

    Like

Leave a Reply

