Kalau Bengkel Resmi Nggak Rela Konsumen Dapat Layanan Service Gratis, Mending Nggak Usah Ada Service Gratis Sekalian…!!!!

Posted on Updated on


Pagi ini, gw inget jadualnya untuk service motor gw, odometer menunjukan hampir 2000km perjalanan, kalau tepatnya sih kira-kira sekitar 1780 km, daripada nunggu minggu depan dan sekalian ganti oli juga sih. Berhubung gw agak nggak mau ribet dan cape, maka gw pilihlah Bengkel Resmi yang terletak di jalan Imam Bonjol Tangerang, sudah 2 tahun belakangan ini gw selalu service di Bengkel Resmi ini, dan sudah memiliki 2 mekanik yang selalu pegang motor gw, cuman sejak awal tahun sampai sekarang 2 mekanik itu nggak pernah lagi pegang motor gw, alsannya sudah keduluan orang lain,hehehe.

  • Kronologis

Nah ketika tiba di Bengkel Resmi tersebut, gw keluarin kartu anggota, yang ternyata ini jadualnya Service Gratis..!!, di bengkel ini Service Gratis diberikan apabila setelah melakukan 3 kali service, wah lumayan nih bisa menghemat ongkos 30 ribu untuk jasanya. Langsung lah motor gw dicek sama mekaniknya yang gw wanti-wanti, agar mengecek kondisi komsteer, rem belakang, dan setang depan. khusus setang depan gw udah bilang dengan jelas “Tolong dicek setang depannya, sepertinya agak sedikit belok ke kanan”, cuman seperti biasa mekanik Bengkel resmi hanya mengangguk-angguk saja.

Service 3x, Gratis 1x

Nah ketika motor gw masuk pit, gw ambil posisi tepat dibelakang motor gw, sambil baca koran yang memuat berita soal mega transfer pesepakbola Eropa yang mengejutkan. 10 menit dimulai si mekanik sudah membereskan kekencangan rantai, dan kelistrikan gw. Kembali gw baca koran sambil memperhatikan si mekanik, lah kok tebeng depan, sayap kanan-sayap kiri nggak dibuka yah?, ada yang janggal nih rasanya, gw stop baca koran (tapi gw pura-pura terlihat sepeerti orang yang baca koran) dan gw pikir ahh mungkin belom dikerjain kali. Lama gw perhatiin, itu mekanik ngapain daritadi ngutak-ngatik bagian bawah sayap gw? lepas busi? mungkin sih, tapi………………gw nggak melihat ritual buka tebeng depan, sayap kanan-kiri, buka dan bersihin karburator serta buka plus bersihin filter udara, suara semprotan kompresor angin juga nggak terdengar dan gw sama sekali nggak mencium bau bensin yang biasa dikeluarkan/dituang untuk membersihkan karburator dan filter udara.

Nggak sampai 30 menit  bahkan menurut feeling gw cuman 20 menit kurang, motor gw udah selesai, kembali dia ngetes lampu-klakson, dan motor gw dibawa kebelakang ruangan pit bengkel dimana gw nggak bisa ngeliat motor gw, nggak lama sih 1-2 menit kemudian si mekanik balik dan mengetes jalan motor gw (tanpa pakai helm), ketika dirasa sudah, kemudian kunci dikasih ke gw dan gw celetukin, “mas gw nggak liat lu buka tebeng depan-sayap kanan/kiri ngerjain apaan lu tadi?”, si mekanik agak gelagapan dan bilang “oh itu sudah kok mas, nggak liat aja masnya”, wuahhh berasa dibegoin tanpa ucapan terima kasih gw langsung pergi darisitu.

  • Bengkel Seakan Tidak Rela Pemilik Mendapatkan Jasa/Layanan Service Gratis

Yang gw tangkep, kenapa pelayanan service gratis hanya seadanya, dengan beberapa poin sebagai berikut:

1. Ketika tahu pemilik motor mendapatkan jadual service gratis muka Resepsionis/front desks agak ‘nesu’ dan cemberut banget, nggak seinformatif dan seramah ketika pemilik harus bayar untuk service seperti biasanya biasa.

2. Pekerjaan mekanik lebih cepat dari biasanya.

3. Tak ada informasi yang disampaikan oleh kepala mekanik mengenai motor, kendati pemilik sudah menanyakan keadaan motor pasti hanya anggukan kepala dan sedikit kata yang keluar.

Dari 3 poin tersebut diatas, sepertinya terkesan Bengkel Resmi ini nggak rela konsumen mendapatkan service gratis yang artinya si Bengkel kehilangan pendapatan 30 ribu rupiah/konsumen (kalau service gratis)..!!, kalau memang nggak rela kehilangan 30 ribu rupiah, ya mending hapus saja layanan service gratis tersebut. Konsumen/Pemilik motor pun rela bayar asalkan hasilnya bagus, dan enak serta dihargai. Dan mungkin, rasanya ini puncak kekecewaan gw terhadap sebuah Bengkel Resmi binaan ATPM yang memiliki Jaringan luas dan besar di Indonesia.

24 thoughts on “Kalau Bengkel Resmi Nggak Rela Konsumen Dapat Layanan Service Gratis, Mending Nggak Usah Ada Service Gratis Sekalian…!!!!

    antzlovers said:
    August 13, 2011 at 11:38 am

    SETUJU masbro! jika ternyata layanan gratisnya begitu mending gak usah ada yg namanya “service 3x gratis 1x”.

    ane jg udh lama gak mencicipi bengkel resmi…

    Like

    bennythegreat said:
    August 13, 2011 at 2:57 pm

    Pasti ini bengkel honda ya?

    Like

      fajardinihari88 responded:
      August 14, 2011 at 1:50 pm

      hihihihihihihihi

      Like

      Harlan Novera said:
      September 27, 2016 at 3:53 pm

      bengkel yamaha dong…kalo bengkel resmi honda masih lumayan bagus

      Like

    anggiwirza said:
    August 13, 2011 at 3:09 pm

    boongnya kebangetan tuh :cd:

    Like

    coak musyawaroh said:
    August 13, 2011 at 5:18 pm

    begitu ya!!

    Like

    ting_tong said:
    August 13, 2011 at 7:16 pm

    mas2, kalo para FB udah menjamah blog anda, dijamin artikel ini meledak….wkwkwkwkwk:mrgreen:

    pengalaman saya mas, dibandingin jabodetabek, mekanik beres di daerah lebih bagus hospitalitynya, bahkan ada yg gak mau tip dan servisnya ekstra (menurut saya)…..tapi emang gak pasti sih ya…..

    Like

      fajardinihari88 responded:
      August 14, 2011 at 1:50 pm

      haiyah, sabodo teuing euy sama FB mah..

      Kalau di daerah lebih bagus, harusnya mekanik kota belajar dari yang mekanik di daerah yah

      Like

    Santay said:
    August 13, 2011 at 7:48 pm

    Servis didealer dekat pasar kelapa dua gading serpong aja mas…

    Like

    Vyzex said:
    August 13, 2011 at 9:21 pm

    Dealer motor apa sih?

    Laporin dong!

    Di hotlinenya atau Imel langsung.

    Nggak boleh didiamkan.

    Setau sy, kupon servis gratis yg mereka ambil itu utk diserahkan ke atpm. Jd tetap ada untungnya buat diler..

    Utk tip, saya selalu service di bengkel resmi yg ada tulisan gede( biasanya spanduk atau running text)
    ” terimakasih untuk tidak memberi tip kepada mekanik”

    Jd, sy nggak pernah ngasih tip.

    Like

      fajardinihari88 responded:
      August 14, 2011 at 1:06 pm

      Gw udah pernah kirim email atau sms centre tapi jawabannya muter2….percuma ada layanan hotline centre juga

      Like

    vanz21fashion said:
    August 14, 2011 at 8:11 am

    ane saranin si kalo service di bengkel resmi di beres yg gede. trus kalo bisa minta sama mekanik senior ato sama kepala mekaniknya sekalian, dari awal kalo bisa kasi tip kasi aja barang 5000 dulu mah.. pengalaman dulu pake mega pro ditanganin sama kepala mekanik dan selalu kasi tip barang 5000 doang pengerjaannya selalu rapi, bahkan dimintain tolong masang2 yg bukan part resmi juga mau dan rapi..

    Like

      fajardinihari88 responded:
      August 14, 2011 at 1:49 pm

      Kadang di beberapa BeRes gede soal SOP agak ketat dan nggak semudah itu masbro…

      Like

    notip said:
    August 14, 2011 at 3:55 pm

    tip=korupsi

    Like

    Dismas said:
    August 14, 2011 at 3:57 pm

    udah mas, terang – terangan aja… itu Ahass kan? Sory to say, beberapa Ahass emang b*****t… kayak yang di sini :

    http://dizmaz.wordpress.com/2011/08/06/emangnya-ahass-cuma-lo-doang-wkwkwk/

    tapi rada aneh itu Ahass yg masbro kunjungi… servis 3 kali, dapet gratisan 1 kali… Mank tarif servis nya berapa mas ? 30 ribu atau lebih mungkin ?

    di Ahass langganan saya aja 5 kali servis, baru dapet 1 gratisan. Per servis Rp 30.000… sekian dulu bro🙂

    Like

      fajardinihari88 responded:
      August 15, 2011 at 6:52 am

      hahahaha…edan….
      gw masih pake cara halus euy disini…
      tapi pas disana gw ‘ sedikit kasar’ laah

      jasa service tune up 30rb. dan ongkos jasa itu kan tergantung masing2 bengkelnya.

      Like

    Maxy said:
    August 15, 2011 at 10:53 pm

    Wahh nasib sial trus y bro kalau ke beres..hehehe..pernah juga digituin ma beres..pas waktunya ganti air radiator gratisan..alasannya belum ada stock…pas servis berikutnya,diminta lagi..ehhh,cs nya ganti..yg baru g ngerti dan harus konfirmasi ma bos nya dulu..ealahh,sampe selesai diganti tetap g dikonfirmasi ma bosnya..pura2 bego..malas lama2 disitu,kasikan 26rb sambil cari beres lain yg lebih baik ja..

    Like

      fajardinihari88 responded:
      August 16, 2011 at 6:45 am

      Nggak sial terus sih, jadi ini yang ke beberapa kalinya.. dan bagi gw cukup lah.

      Like

    archnine said:
    August 16, 2011 at 9:06 am

    sharing pengalaman juga sih, adik saya yang menjadi korbannya. servis me*apro+nurunin skok depan malah dapat bonus balik 4 baut [ke 4 baut orisinil ditilap atau diapain gak tau] yang jelas sadar sudah keluar beberapa minggu dari ahass.

    Like

    hadi said:
    August 18, 2011 at 12:26 pm

    ya..gitu dech…!

    Like

    Dismas said:
    August 28, 2011 at 3:25 pm

    wah, kebetulan, next servis ane dapet servis gratis… tak pantau ah… Apa sama seperti yg bro alami ato enggak… Kalo sama, woh, resepsionis’e tak kuaplok duit tenan…😀

    Like

    Luqmanul Hackim said:
    July 3, 2016 at 11:14 pm

    apalagi injeksi,,, motor cuma digeber-geber doang,,, bayar gk bayar,,,

    Like

Leave a Reply

