20 Unit Kopaja ber-AC: Langkah Awal Pemerintah Menyediakan Tranportasi Umum yang Memadai

Posted on


Baca kabar di Kompas, katanya sekarang Kopaja sudah menggunakan Pendingin Udara atau biasa disebut AC, wihhh mantepp nih, nggak pengap lagi deh di Kopaja. Memang sih tidak semua unit Kopaja sudah dilengkapi fasilitas AC ini, hanya ada sekitar 20 unit Kopaja yang sudah menggunakan AC itupun baru untuk trayek S-13 Ragunan-Slipi.

Kopaja ber-AC (sumber foto: Skalanews.com)

Nah..ini yang saya harapkan daridulu, salah satu langkah perbaikan transportasi publik yang memadai dan nyaman. Kita semua tahulah gimana Kopaja/Metromini yang sebelumnya, edan, seperti kandang kambing, tumplek berbagai macam aroma, asap knalpot tebal yang bikin sesak dan doyan menyerempet pengendara motor, belum lagi supir yang ugal-ugalan dan bahkan nekat berani nyebur kali hanya demi selembar Rp.2000. Langkah perbaikan salah satu tranportasi publik ini dulu saya juga sering memikirkan, apakah sebaiknya Kopaja atau Metromini direvolusi, dalam artian dirmbak total manajemen dan unitnya, unitnya diperbaiki menjadi lebih layak jalan dan lebih baik lagi, sementara manajemennya seperti perekrutan supir/kondektur tidak asal-asalan. Sekarang kini perubahan sudah dilakukan pemerintah, penyediaan awal 20 unit Kopaja ber-AC dengan tarif seperti biasa yaitu Rp2000-Rp2500 dan juga penunjukan supir dan kondektur yang baru. Yups, diharapkan supir dan kondektur ini tidak lagi ‘sembrono’ dijalan, taat pada aturan lalu lintas sehingga pemotor tidak perlu khawatir lagi ketika berada disamping Kopaja ini.

Langkah yang ada sekarang marilah selayaknya kita apresiasi, hadirnya Kopaja ber-AC ini patut kita dukung, ini juga merupakan usaha pemerintah dalam menyediakan layanan transportasi yang layak dan memadai bagi masyarakat. Mudah-mudahan fasilitas ini tidak hanya pemanis, artinya tetap dijaga dan dirawat sebaik mungkin agar lebih terasa manfaatnya, dan semoga saja kekhawatiran akan Kopaja yang ugal-ugalan dapat diminimalisir bahkan dihilangkan menjadi angkutan umum yang ramah lingkungan dan sopan dijalan serta aman dan nyaman bagi penumpangnya.

One thought on “20 Unit Kopaja ber-AC: Langkah Awal Pemerintah Menyediakan Tranportasi Umum yang Memadai

    bengbengk said:
    August 2, 2011 at 11:15 am

    bajaj juga tuh harus segera direvolusi ganti ama yang emisinya gas

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s