Review (leg 2) Pra-Kualifikasi Piala Dunia 2014: Indonesia Lolos Setelah Menang 4-3 atas Turkmenistan

Posted on Updated on


Kamis (28/07/2011) malam tadi, menjadi hari yang ditunggu bagi pencinta sepakbola Nasional, timnas Indonesia bertanding di leg 2 partai Pra-Kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan Turkmenistan, lebih dari 60 ribu penonton hadir di Stadion GBK untuk menyemangati timnas Indonesia bermain. Para pemain pun sudah sangat siap untuk bertarung dan meraih kemenangan demi publik Indonesia yang hadir di Stadion.

Aksi Boas Salossa (sumber Foto: Detiksport/Resha Pratama)

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berjalan menarik, timnas Indonesia menerapkan strategi eprmainan cepat satu-dua sentuhan dan bola langsung diarahkan kepada kedua striker yang diturunkan yaitu Gonzales dan Boas, pergerakan duet ini cukup padu mennyeruak barisan pertahanan Turkmenistan, bola yang dialirkan oleh Firman Utina – Bustomi – M.Ilham – M.Ridwan pun semakin memanjakan kedua striker tersebut, hasilnya di menit ke 9 Indonesia unggul 1-0 lebih dahulu melalui sundulan ‘el-Loco’ Gonzales menyambut umpan M.Ilham dari sisi kanan. Keunggulan ini makin membuat para pasukan Garuda semangat di lapangan, dan hal itu dibayar oleh penampilan apik Boas yang mengirim umpan kepada Gonzales untuk dikonversi  jadi Gol, skor 2-0 untuk Indonesia. Turkmenistan bukan tanpa peluang tercatat dua kali mendapatkan freekick dan 2 kali pula mereka membahayakan gawang yang malam itu dijaga oleh Ferry Rotinsulu yang tampil superb sepanjang pertandingan. Selebihnya Indonesia mampu mengurung lawan dan mempermainkan sepakbola yang nikmat untuk ditonton, sesekali pula Turkmenistan melakukan serangan balik yang cukup merepotkan duet defender Ricardo Salampessy dan M.Robby. Indonesia memperbesar skor di menit 43 menjadi 3-0 ketika dalam suatus erangan dari sisi kanan, M.Ridwan memberikan passing ke M.Nasuha yang berada di luar kotak penalti tiba-tiba langsung menghujamkan shooting keras ke arah gawang dan bola pun sukses meluncur indah ke gawang Turkmenistan, ini gol tercantik di pertandingan ini, great Nasuha..!!

Nasuha saat merayakan Gol indahnya. (Sumber Foto:Detiksport/Resha Pratama)

babak kedua berjalan diawal pertandingan agak membosankan, timnas Indonesia seakan mengendurkan serangan untuk menjaga penguasaan bola, namun sayang lagi-lagi kelengahan dan lemahnya koordinasi antar lini membuat Indonesia harus kebobolan oleh Turkmenistan, skor berubah menjadi 3-1 di menit 72. Merasa tertekan dengan keadaan tadi para pemain timnas meningkatkan intensitas serangan, dan hasilnya sebuah umpan datar dari Boas dengan cepat disambar oleh M.Ridwan dan menhasilkan gol di menit ke 76 skor pun berubah menjadi 4-1. Merasa diatas angin para pemain Indoensia rupanya lengah, dan lagi-lagi kordinasi serta komunikasi antar lini tidak berjalan baik, selama 15 menit akhir Indoensia digempur oleh Turkmenistan yang berakibat lahirnya dua gol tambahan untuk Turkmenistan di menit 80 dan menit 84. Para suporter yanghadir pun terhenyak karna skor menipis menjadi 4-3 kalau saja ini berakhir seri maka Indoensia akan gugur kalah gol tandang. Teriakan dan Nanyian untuk menyemangati para pemain dalam menjaga kemenangan terus dikumandangkan suporter Garuda, hasilnya hingga peluit panjang dibunyikan skor bertahan 4-3 untuk kemenangan Indonesia, dan timnas Indonesia lolos ke fase 3 Kualifikasi Piala Dunia 2014.

Evaluasi

Para pemain sudah bermain cukup baik dan maksimal, hanya saja mungkin karena merasa diatas angin ketika skor 4-1 tekanan terhadaop tim lawan berkurang, selain itu duet defender Ricardo Salampessy dan M.Robby terlihat kurang koordinasi dan lambat menutup pergerakan lawan yang mengakibatkan lahirnya 2 gol tambahan dari Turkmenistan, Masuknya Tony Sucipto menggantikan Firman Utina tak membuat perubahan di lini tengah, malah yang ada lini tengah timnas berasa kosong karena Turkmenistan semakin leluasa memainkan bola di daerah pertahanan Indonesia, mental pemain panik ketika skor berubah menjadi 4-2 dan semakin panik tatkala skor menjadi 4-3, tidak ada figur leader pada saat itu membuat para pemain timnas agak kebingungan. Timnas butuh pemain bertipikal leader di lapangan seperti figur Bambang Pamungkas, Firman Utina, ataupun Maman Abdurahman untuk mengontrol mental dan emosi pemain saat keadaan tertekan. terakhir lini depan harus lebih tenang dan fokus ketika menyaubut peluang agar bisa berubah menjadi gol kemenangan.

Yups, apapun hasilnya selamat buat timnas Indonesia kalian telah menghibur kami dengan permainan kalian, kemenangan ini menjadi obat penawar kami yang merindukan timnas Indonesia menang setiap bertanding. Fase brikutnya lawan lebih berat, harapan ke Piala Dunia, masih ada..!!

2 thoughts on “Review (leg 2) Pra-Kualifikasi Piala Dunia 2014: Indonesia Lolos Setelah Menang 4-3 atas Turkmenistan

    JustDre said:
    July 29, 2011 at 9:15 am

    Ada typo om, yg bener “defender”😀 CMIIMW

    Like

      fajardinihari88 responded:
      July 29, 2011 at 9:35 am

      ohh…salah yak,,ehhehehehe,…oke dikoreksi, tenkyuuu

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s