Sungguh Ter…la….lu…..

Posted on Updated on


Kadang bingung ngeliat perkembangan industri otomotif sekarang ini, jujur aja gw ngga tau bocoran motor apa yang bakalan keluar lagi, nggak pernah tau, emang dasarnya gue yang kurang tertarik dan memang males buat nyari tau masalah begituan yang bagi gue masih ada yang lebih penting daripada gembar-gembor produk baru tersebut.

Produk Baru dan Kualitas

Yang ada didalam pikiran gw, ketika ATPM bakal ngeluarin produk baru, tentunya juga bakalan nambah macet jalanan, apalagi yang bakalan diproduksi itu ya tetep aja bebek-bebek juga yang notabene bakalan lariss manis tanjung kimpul di pasaran. Bukannya nggak suka sih toh itu memang salah satu faktor yang membuat industri perekonomian kita maju, cuman sayang ajalah dengan produk yang udah ada dan masih di produksi ternyata harus dihentikan, kesannya malah jadi ATPM berlomba-lomba untuk mengeluarkan produk anyar yang diklaim memiliki keunggulan lebih dari kompetitornya. Berusaha merebut konsumen baru lewat produknya, dengan cuman ganti tampilan, ganti striping body, akkh….lagu lama kaset kusut,. mending nggak usah bikin sekalian kalo cuman itu lagi itu lagi doang mah.

Lebih baik benahi permasalahan dari produk lama yang telah beredar, masa sih hampir 10 tahun permasalahan rantai berisik di motor dua puluh jutaan itu masih aja kejadian, sparepartnya mahal pula, kan gila!!, belum lagi body getarr ala ‘vibrator’ yang masyarakat menganggap sebagai “bonus” dari pabrikan, wong gendeng, geterr kok dibilang bonus. Kenapa nggak bsia membenahi itu semua? apa jangan jangan harga yang lebih muahaal tapi kualiats dikurangi demi keuntungan yang maksimal. Akhh payah..!!

Pelanggan Lama

ada pepatah mengatakan “mempertahankan pelanggan lama lebih sulit ketimbang meraih pelanggan baru”. Hal ini ada benarnya juga, tapi sayangnya nggak disadari oleh beberapa Pabrikan, dimana banyak diantara masyarakat yang sudah loyal terhadap pabrikan harus kecewa juga tentunya karena dianggap tidak diperhatikan. Coba liat saja bagaimana cara pabrikan untuk menggaet konsumen baru, beuhh segala macam cara dikeluarin, mulai dari cahsback, diskon, hadiah, sampai ada pertemuan-pertemuan dan keanggotaan bagi konsumen yang membeli produk di tahun 2010 kemarin…aihhhhhhhhhh….terus konsumen lama gimana?didiemin, motor yang usianya sudah memasuki masa senja 5-6 tahun pun terkesan agak malas untuk ditanggapi, padahal sama saja toh. Dan kesannya pun Pabrikan juga nggak takut tuh kehilangan konsumen lama, jadi buat apa loyal?nggak guna..!!

Aftersales Service

ini juga salah satu faktor penting yang harus diperhatikan, karena merupakan faktor pendukung bagaimana atpm bisa melaju lebih jauh, dansejauh ini banyak yang menerapkan layanan aftersales service yang sudah cukup baik, baik dalam layanan materil maupun non materil seperti penyediaaan bengkel-bengkel resmi untuk perawatan sepeda motor. Eh lalu gimana dengan sepeda motor yang produksinya 5-6 tahun tersebut? masih layakkah untuk mendapat pelayanan aftersales?, gue bilang masih, malah haruss. Tapi sayangnya beberapa kasus, bahkan gue ngalamin sendiri betapa susahnya bengkel resmi menerapkan seperti ini.

ketika motor gw yang emang sudah tiba waktunya untuk service besar bahkan kalau bsia belah mesin, untuk dicek jeroan parts mesinnya, eh ternyata sang empunya bengkel dengan tegas menolak, dengan alasan akan memakan waktu lama lebih dari sehari, mungkin bisa 2 hari, dan yang mengejutkannya lagi ialah, mereka takuttttttt kehilangan pendapatan dari service rutin yang mereka terima dalam waktu 1 hari, gila..!!! jelas gw kaget, lebih takut kehilangan pendapatan jasa service tune up 1 hari doang..!!, hitungan sederhananya gini, misal dalam 1 hari pekerjaan 1 orang mekanik bisa nerima 10 motor dengan jasa 30 ribu rupiah/motor, nah terus bandingkan dengan 1 hari pekerjaan mekanik terfokus ke 1 motor dengan jasa 100 ribu rupiah, hitung deh enakan mana,hehehehehe. Yang jelas gue marasa sih layanan aftersales seperti ini cuman bertahan ampe 3 tahun doang maksimal, jangankan 3 tahun, lewat dari setahun juga lo bakalan dicuekin.

3 faktor tadi menurut gw yang memang sejauh ini merupakan hal sepele namun penting, bagi konsumen.

Notes:

Tulisan ini dibuat cuman curhatan gue doang, gue juga ngga ngerti  ini gue nulis apaan gw nulisnya juga asal-asalan kok, yang ada di hati gw ya begini ini dah, terserah mau nanggepin apa juga.hehehe:mrgreen: .

One thought on “Sungguh Ter…la….lu…..

    Selamat said:
    August 5, 2016 at 1:37 am

    Ini pasti layanan beres si sayap kan?
    Klo ane gak pernah ngalamin yg kayak gituan di beres garputala.
    Ane pernah servis besar vega r ane di beres, dan layanannya patut diacungi dua jempol.

    Like

Leave a Reply

