Bahaya Micro Sleep Saat Riding

Posted on Updated on


tertidur saat berkendara (Foto: ilustrasi, diambil dari berbagai sumber)

Micro sleep, atau tidur mikro menurut teori adalah suatu keadaan dimana anda terlelap (ketiduran) untuk waktu sepersekian detik, tanpa disadari. Tidur mikro merupakan episode tidur yang hanya berlangsung sepersekian detik sampai tiga puluh detik. (diambil dari berbagai sumber di internet).

Subuh tadi pagi, tepatnya sekitar jam 03.30 WIB, saya beranjak pulang dari rumah seorang teman di kawasan Pd.Gede Jakarta Timur menuju ke Tangerang?Karawaci tempat saya tinggal. Yang saya rasakan ialah saya masih dalam keadaan fresh ketika baru berjalan pulang, sebab baru saja cuci muka dan minum air putih, walaupun pada sebelum jam tersebut saya sempat beberapa kali tertidur dalam kisaran waktu 5-10 menit.

Nah, pada saat melintasi jalan protokol Gatot Subroto (Jakarta), memang gejala mengantuk sudah saya rasakan, tetapi masih bisa dikendalikan dan dilawan, kecepatan berkendara masih dalam tahap 60-70 kpj. Tapi begitu memasuki kawasan Cipondoh (Tangerang) rasa kantuk nampaknya sudah menjalar, jujur saja konsentrasi menurun, ngeliat lampu dari arah berlawanan aja rasanya mata udah malessssssssss banget, maka dari itu gue coba kalem di kisaran 50 kpj toh udah dikawasan Tangerang inih, alonrider alon-alon sajalah, sempet beberapa kali juga salah memperkirakan keadaan didepan, misalnya saya sempet berhenti jalan pelan karena saya ngeliat ada gerobak didepan, eh ngga taunya gerobaknya di pinggir jalan, beberapa kali seperti itu, sampai pada akhirnya…………………pas masuk wilayah Cikokol/tepat setelah turunan flyover Cipondoh/Kehakiman bener-bener ngerasain seperti micro sleep, saya merasa mata saya melek, tapi sepertinya seolah terpejam, kalo seingat saya 2-3 kali seperti ini. DAMN!!! kesadar barusaja mengalami micro sleep, langsung nyalain sein kiri dan jalan pelan-pelan banget di kiri jalan, pas banget di depan ada SPBU Gede (sebelum Metropolis, kalo yang di Cikokol pasti tau lah) tanpa pikir panjang masuk ek SPBU berhenti, cuci muka sebanyak banyaknya dan seseger-segernya dan minum dulu sambil merenungi apa yang telah terjadi tadi, it was so scary, saya mengalami micro sleep. Adzan Subuh pun mulai terdengar, setelah dirasa segar kembali, perjalanan pun dilanjutkan menuju rumah yang jaraknya tinggal 6-7 kilometer lagi.

Pelajaran buat saya, lebih baik tidur sejenak daripada meneruskan perjalanan yang resikonya lebih banyak daripada keuntungan agar bisa sekedar tiba dirumah sebelum subuh. Kalau saja saya tidak segera sadar dari microsleep tersebut yang walaupun hanya 2 detik, itu benar-benar sangattt berbahaya.

8 thoughts on “Bahaya Micro Sleep Saat Riding

    Dismas said:
    July 5, 2011 at 11:34 am

    woh, ati – ati mas bro… hehehe…😀 keep safety riding…

    Like

    […] perjalanan pulang kerumahnya, well..kejadian mengantuk ini pun juga saya alami Sabtu kemarin di artikel ini, kalau saja saya tidak segera sadarrrr mungkin nasib akan berkata lain karena ngantuk tadi.apalagi […]

    Like

    4201journey said:
    July 7, 2011 at 9:24 pm

    Masya Allah….. Ane udah ngalamin micro sleep dari ciawi ke pertigaan puncak.
    Juga ane pernah jatuh… Dan ane ga tau kapan jatuhnya tau2 udah gelinding d trotoar…..

    Like

      fajardinihari88 responded:
      July 7, 2011 at 9:26 pm

      Welehhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh……….

      dari Ciawi??? kejauhannn masbro…itu mah udah tidur,hehehehe,…

      keep safety ride yoo bro

      Like

    rancho dts-i said:
    July 10, 2011 at 3:47 pm

    nice info bro..
    setahun yg lalu sy juga mengalami “mengendarai motor sambil tertidur” waktu itu pulang kopdar pukul 01.00, perjalanan sekitar 30 kilometer, ditengah jalan rupanya tertidur tau-tau udah 6 meter dibelakang truck.
    alhamdulillah masih diberi kesehatan&keselamatan. amiin..

    Like

      fajardinihari88 responded:
      July 11, 2011 at 8:27 am

      rupanya diatas jam 12 malam terhitung berbahaya….thx atas sharingnya

      Like

    bambang said:
    July 27, 2011 at 12:33 pm

    wah bro kalau dah ngantuk gw mending istirahat dulu sambil minum minuman yg manis

    Like

Leave a Reply

