Pemkot Tangerang, Harus Sediakan Sarana Penyebrangan Untuk Pejalan Kaki!

Posted on


Minggu pagi di jalanan protokol Kota Tangerang tepatnya di sekitaran Cikokol/Modern Land, deru kendaraan dan arus lalu lintas saat itu sudah mulai ramai, padahal waktu masih menunjukan pukul 06.27 WIB. Supir-supir Angkutan umum pun sudah terlihat mulai sumringah akan penuhnya angkot-angkot mereka oleh penumpang dan masih semangat meneriakkan rute tujuannya kepada setiap orang yang melihat angkotnya. Pengendara roda dua pun tak mau kalah semangatnya, kendaraan dipacu mengikuti ritme jalanan, yang bisa kulihat ialah, hampir semuanya sudah mau menyalakan lampu utama ketika berkendara, artinya mereka sudah semakin paham akan aturan menyalakan lampu ketika berkendara dengan roda dua. dan Pejalan kaki pun juga banyak nampak berlalu lalang dan menyebrang kesana kemari ditengah padatnya lalu lintas kota ini.

arus lalu lintas di cikokol

Akan tetapi, saya melihat ada suatu kekurangan/keganjilan dari kesibukan para masyarakat kota ini. Dijalan utama yg sering dilintasi bus dan truk AKAP. Yaitu ialah tidak adanya Sarana Penyebrangan untuk pejalan kaki. Ya, sarana ini sering banget dilupakan pemerintah kita, padahal, ketika melewati jalanan ini pada saat berangkat dan pulang kerja, kerap kali menemukan kejadian yang hampir menyebabkan kecelakaan karena orang yang menyebrang seperti hampir tertabrak kendaraan lain, terserempet lah dan sebagainya, bahkan targisnya waktu saya pulang malam, melihat seorang pedagang sayur (karena terdapat 2 keranjang sayur disampingnya) sudah tergeletak ditengah separator jalan dan dikerumuni warga sekitar, yang ternyata habis terserempet kendaraan roda 4/minibus.

lalu lintas dan jalan kawasan cikokol

Jalanan ini sangat lebar, dan bahkan kalau bisa dibilang sangat-sangat tidak layak dan tidak disarankan untuk menyebrang dijalan ini, sebab sangat berbahaya sekali, banyak kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi, belum lagi kendaraan besar seperti truk dan bus AKAP, apalagi hanya ada 1 lampu traffic light yang mengarah masuk ke pertokoan Metropolis Town Square, itupun tidak jelas, dan tidak ada tanda/sarana penyebrangan untuk pejalan kaki.

ibu baju putih yang lagi menyebrang, itu nunggu lama banget sampe agak lenggang. Nb: DIgambar terlihat dekat karena di Zoom, dan silahkan datang langsung untuk melihat lebarnya jalanan ini
2 pejalan kaki berada di separator jalan bersiap untuk menyebrang..!!. Nb: Digambar terlihat dekat karena di Zoom, dan silahkan datang langsung untuk melihat lebarnya jalanan ini

Ironis memang, ditengah pertumbuhan pembangunan yang sungguh cepat berubah (kawasan Cikokol/Modern Land), tidak nampak sama sekali Sarana Penyebrangan di kawasan yang nampaknya akan menjadi sentra bisnis terbaru tersebut. SPBU asing milik TOTAL berdiri, bersaing dengan 2 SPBU milik pemerintah di sepanjang jalan itu. Sarana akademika berupa kampus Universitas Raharja pun juga berdiri gagah, dan tepat di seberangnya tengah dibangun sebuah pusat perbelanjaan baru yang konon akan dinamai TangCity Mall. Bisa dibayangkan kegiatan/aktivitas masyarakan yang berlalu lalang di kawasan tersebut.

Ruko bisnis di cikokol

Terlihat agak lambat memang kalau saja kawasan ini sudah ramai dan mall baru itu sudah jadi beroperasi tetapi baru dibangun sarana penyebrangan, apakah pemerintah akan segera membangun/membuat Sarana Penyebrangan secepatnya untuk pejalan kaki disekitar sana, bahkan kalau bisa sekarang pun WAJIB menyediakan sarana penyebrangan bagi pejalan kaki, sebab saya yakin pejalan kaki dikawasan itu sangat butuh!!. Bentuk sarananya pun saya pikir bisa macam-macam, jembatan penyebrangan orang, atau Zebra Cross yang ini tentunya saya pikir harus dilengkap dengan lampu lalu lintas(traffic light) agar kendaraan berhenti dan pejalan kaki dapat menyebrang dengan aman.

Mari ciptakan keselamatan dijalan untuk kita semua.

One thought on “Pemkot Tangerang, Harus Sediakan Sarana Penyebrangan Untuk Pejalan Kaki!

    #99 bro said:
    June 27, 2011 at 12:12 pm

    Stjutu…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s