Bontang FC Turun Kasta, Persidafon Promosi ke ISL 2011-2012 Musim Depan

Posted on Updated on


Tau masih ada babak playoff ISL gue coba nonton dan kali ini gue coba membahas pertandingan sepakbola dari sudut pandang gue sendiri.

Pemain dan suporter Persidafon merayakan keberhasilan lolos ke ISL musim depan

Babak Play-off Indonesian Super Leage (ISL) 2010-2011 ternyata masih menyisakan babak akhir perjalanan ISL musim 2010-2011, dimana pertandingan ini merupakan babak Play-off yaitu sebuah pertandingan akhir memperebutkan tiket ke ISL musim depan, jadi tim dengan peringkat 3 terbawah klasemen ISL akan berhadapan dengan tim peringkat 4 (semifinalis) Divisi Utama (kasta dibawah ISL).

Tim yang bertarung di babak play-off ialah Bontang FC peringkat 15 klasemen ISL musim ini, melawan Persidafon Dafonsoro. kalau Bontang FC menang , maka mereka akan bertahan dan tetap berada di kompetisi ISL 2011-2012 musim depan, akan tetapi jika kalah maka harus turun kasta ke Divisi Utama. begitu juga dnegan Persidafon, kalau mereka menang maka mereka akan naik kasta promosi ke ISL musim depan, kalau kalah ya mereka tetap harus menerima berlaga di kasta Divisi Utama.

Pertandingan yang berlangsung sore ini (23/06/11) di Stadion Kanjuruhan Malang, berjalan cukup seru, layaknya partai final, kedua tim ingin bernafsu mengalahkan satu sama lain, terlebih tekanan berada di kubu Bontang FC, mereka harus bisa menang demi mempertahankan posisi di ISL musim depan, sementara Persidafon bermain lepas tanpa beban. Bermain taktis, Bontang FC pun berinisiatif menekan kubu Persidafon lebih dulu, hasilnya striker asal Jepang yang juga merupakan pencetak gol terbanyak di kubu Bontang FC, Kenji Adachiara berhasil mencetak gol di menit ke 14 untuk membawa Bontang FC unggul terlebih dahulu. Persidafon pun juga berupaya membalas seranganlewat sisi kanan pertahanan Bontang FC melalui Rasmoyo, chirstian Warobay, dan C.Abel, beberapa kali pemain Persidafon melakukan akselerasi yang merepotkan, namun sayang sampai peluit babak pertama hasil masih 1-0 untuk Bontang FC.

Bontang Fc vs Persidafon

Memasuki babak kedua Persidafon mengambil alih serangan dan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol Lukas. Kemudian datang lagi sebuah gol Persidafon lewat titik penalti dari Marcelo yang membawa Persidafon unggul 2-1. Permainan semakin seru, dan kali ini gol balasan dari Bontang Fc lahir dari M.Istigfar, kedudukan imbang 2-2.  Kedudukan yang sama kuat membuat eprtandingan berjalan menarik, serangan seilih berganti dilancarkan kedua tim, dan sebuah gol bagi Persidafon yang merubah skor menjadi 3-2. Memasuki menit menit akhir pertandingan kian panas, tensi pertandingan naik 2x lipat, kubu Bontang FC pun tak ingin begitu saja melepas tempat di ISL, sementara Persidafon cukup mempertahankan kedudukan maka mereka akan melenggang naik kasta ke ISL menggantikan Bontang FC. Berawal dari umpan crossing dari sayap kiri Bontang FC, umpan yang dilepaskan kepada Kenji Adachiara ternyata menyentuh tangan seorang pemain belakang Persidafon, yup itu handsball, dan penalti!!!, tapi ternyata wasit berkata lain, padahal jelas sekali tangan tersebut sengaja menyentuh bola agar berubah arah, tapi wasit tetap pada keputusannya untuk tidak memberikan penalti, hal ini mendapat protes keras dari kubu Bontang FC. Dan pertandingan pun berakhir di menit ke 93 dengan kemenangan Persidafon Dafonsoro dengan skor 3-2 atas bontang FC.

Pemain Bontang FC melakukan protes keras ke wasit akibat handsball pemain Persidafon
ini seharusnya penalti, tapi dianulir wasit

Bontang FC harus menerima kekalahan ini dan harus merelakan tempatnya di ISL digusur oleh Persidafon yang naik kasta promosi ke ISL musim depan. Sepertinya manajemen Bontang Fc harus berbenah, permainan Bontang FC bagus, menarik untuk disaksikan, sering lebih dulu mencetak gol, tapi kekalahan demi kekalahan membuat mereka harus turun kasta berlaga di kompetisi Divisi Utama musim depan. Sementara bagi Persidafon Dafonsoro, kemenangan ini setidaknya telah membuktikan bahwa kualitas sepakbola papua kembali berbicara, menambah deretan tim asal papua setelah Persipura Jayapura dan Persiwa Wamena kini Persidafon Dafonsoro berlaga di ISL 2011-2012 musim depan.

 

Nb: sebenernya sih gue jagoin Bontang FC, soalnya mainnya enak, taktis, suka bikin gol cepet dan tim dari luar Jawa yang punya stadion bagus, tapi Persidafon memang cukup kuat, apapun itu gue ucapkan selamat buat Persidafon naik ke ISL musim depan!!

2 thoughts on “Bontang FC Turun Kasta, Persidafon Promosi ke ISL 2011-2012 Musim Depan

    joe trizilo said:
    June 25, 2011 at 10:01 pm

    wasitnya berat sebelah tuh, kasian kan kesebelasan dari kotaku tergredasi…….

    Like

      fajardinihari88 responded:
      June 26, 2011 at 1:37 pm

      iyee mas joe..gue juga nontonnya begitu…
      sayang dah tim di kalimantan tinggal 2

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s