Lobang Baut Pengunci Pada Breket Geser Patah

Posted on Updated on


Rabu kemarin, ketika gw mau isi bensin di salah satu SPBU di seputaran Meruya (Jakarta Barat) gw bingung akan kondisi yang dialami sama breket geser gw.

Lobang baut patah/keluar

“lah kok ini baut penguncian breket gampang amat diputernya”, langsung lah setelah isi bensin, gw coba menepi dulu sebentar buat ngecek penguncian baut breket geser gw, pas dibuka kayak longgar, tapi pas dikencengin lagi kok malah kayak jadi dol gitu yah, aahhhh ada lagi deh masalah, akhirnya coba gw kencegin sedapetnya deh tu breket geser. Oia, breket geser ini dalam kondisi gw majuin ke depan, jadi kalo mau isi bensin ya kudu diputer dulu baut penguncian gesernya agar bisa digeser kebelakang.

Nyampe parkiran kantor, coba gw cek lagi kenapa nggak bisa ngunci ini bautnya, ternyata pas gw cek, lobang baut pengunciannya udah kayak agak patah, jadi drat ulirnya udh nggak neken lagi buat ngunci besi rel yang buat digesernya itu, “hmmm..pantes drtd box rasanya makin maju ke arah gw”. Yah..namanya breket geser yang memang custom/buatan kreasi ini pasti ada kelemahannya, seperti jalur besi rel yang bisa nge-loss karena sering digeser maju mundur atau ya memang paling sering terjadi pada penguncian bautnya, paling ekstrem ya breket gesernya patah karena pondasi yang menghubungkan besi rel dan juga penopangnya udh nggak kuat, kalo bikinnya sesuai perhitungan matematis dan bahan bahannya kuat sih ndak masalah lah yah, punya gw aja ini breket geser gw beli sejak pertama pake box sampe sekarang, baru mengalami 1 kali las patahan pada sambungan besi relnya. Hmm..jadi pengen punya breket geser super kuat yg dibuat sama Kucay Lampung,hehehehe

Lobang baut penguncian patah/keluar

Baut penguncian bisa patah kenapa?, biasanya ketika dilakukan penguncian , pengunciannya terlalu keras (kayaknya ini memang salah di gw), dan juga faktor kondisi jalanan yang bisa juga membuat lama kelamaan benturan/penguncian ini bisa jadi longgar, makanya ini kenapa kalo posisi box lagi dimajuin lebih sering terdengar bunyi ‘gladak gluduk’ karena posisi besi rel bakalan lebih turun kebawah mengikuti kontur posisi rangka belakang.

Posisi digeser ke belakang.

Lah, terus ngakalinnya gimana, sementara yaa gampang ajah sih nggak usah dibuat ribet,hehehe, ini kan breket geser, kalo pas digeser maju ke depan pengunciannya udh ngga bisa karena patah td, yaa gw geser dulu aja ke belakang, jd posisi mirip breket statis dan posisi box berada di buritan belakang, bukan diatas jok lagi kayak digeser maju. Kalo ada waktu, mungkin Sabtu ini gw mau ke tukang las buat benerin lobang baut pengunciannya yang patah.

2 thoughts on “Lobang Baut Pengunci Pada Breket Geser Patah

    extraordinaryperson said:
    May 5, 2011 at 4:56 pm

    breket merek apa om ? atau handmade ?

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

    Like

      fajardinihari88 responded:
      May 6, 2011 at 7:40 am

      ini handmade masbro..
      gw juga punya yang MR4 cuman lagi ganti pake yg breket geser ini seminggu lalu..

      Salam kenal om XO🙂

      Like

Leave a Reply

