Pra Musrenbangnas RKP 2012 Telah Dimulai

Posted on Updated on


Pra Musrenbangnas RKP 2012

Senin kemarin tanggal 18 April 2011, kegiatan rutin tiap tahun yang diadakan salah satu instansi pemerintah telah dimulai, dengan nama kegiatan Pra Musrenbangnas (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional) RKP 2012.

Kebetulan juga, pelaksanaannya untuk sidang Trilateral Desks ternyata diadakan di kantor gw (Bappenas), maka jadilah pada hari ini (Selasa, 19 April 2011) kantor dan parkiran ramai dengan berbagai jenis kendaraan roda 4, dan juga ramai kedatangan dengan orang orang wakil dari Bappeda.

Sebenarnya apa sih Musrenbangnas itu sendiri, yang gw tau ya sesuai kepanjangannya itu Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional, kegiatan ini merupakan tujuan dari kegiatan awal yang telah diadakan sebelumnya yaitu Musrenbang Provinsi, dimana tahap Musrenbang Provinsi ini merupakan suatu forum untuk menyepakati program dan kegiatan prioritas serta indikator dalam Rencana Kinerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2012 serta usulan akhir pembiayaan Pemerintah daerah sebagai bahan pembahasan Pra Musrenbangnas yang saat ini sedang berlangsung. Intinya mah ini merupakan forum untuk program kinerja dari Pemerintah terhadap perencanaan perencanaan yang akan dilangsungkan.

Sedangkan menurut pengertian resminya Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) adalah perwujudan prinsip-prinsip perencanaan yang mengetengahkan partisipasi masyarakat atau konsultasi publik dalam proses penyusunan kebijakan pemerintah, serta prinsip-prinsip koordinasi perencanaan kebijakan, program, dan kegiatan pemerintah dalam dua arah: top-down (dari Pemerintah Pusat ke pemerintah daerah) dan bottom-up (dari aspirasi daerah ke Pemerintah Pusat), sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Namun untuk kegiatan Pra Musrenbangnas nya ini diadakan selama tanggal 18 – 26 April 2011 dilaksanakan di Kantor Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas. Dan bisa dipastikan gw bakalan semakin mumet dan bertambah ribet dengan pada datangnya perwakilan perwakilan dari Bappeda ini dan mungkin bukan gw juga, tapi semua pihak merasa terlibat dalam kegiatan ini harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk pekerjaan ini. Semangat teman teman, kita pasti bisa!!.

Sumber :

http://musrenbangnas.bappenas.go.id/

http://bappenas.go.id/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s