Ride Report (RR) Mengejar Sunset Anyer

Posted on Updated on


Entah apa yang ada di pikiran saya mulai jumat kemarin, seketika setan turing membisikan ke telinga saya “solo riding ke anyer liat Sunset”, yup dan akhirnya saya termakan bujug rayu setan turing untuk ke anyer pada Sabtu, 31 Juli 2010. Persiapan dimulai pukul 11.30, sempet mencari teman untuk menemani, tapi kalaupun tidak ada yasudah niat sudah bulat untuk tetap riding, dan sms dari Bro Bayu ajakan untuk kuliner tongseng/bakso/ayam pun diabaikan (next time aja om :d).

Setelah konfirmasi sana sini, akhirnya saya mengajak anggota barisan Tangerang Rider Community ane Bro Chunkz,dan langsung diiyakan, Sip, akhirnya dpt tmn riding. Bro Chunkz minta ijin jam 12 untuk lebih dahulu ke bengkel melakukan pengecekan standar rantai,ban, dll.akhirnya sekitar jam 1 lewat riding lah kita berduaan dengan kecepatan 50-60 kpj dalam kota , dan ternyata, baru memasuki daerah Jati, pasar kemis, langsung diguyur hujan, edaaaaaaaaaan….ga sempet make jas ujan, Bro Chunkz sempet konfirmasi ke saya untuk jalan terus apa neduh, saya langsung bilang untuk terus jalan soalnya hujannya begini aja (hahahaha), guyuran dan cipratan air jalanan yg kotor dan tak bs dibayangkan menjadi tantangan yang harus saya lewati, jalan terus sampai kemudian lurus memasuki daerah cikupa (citra raya) agak sedikit macet karena pasar dan hujan agak reda, kemudian riding lagi dengan kecepatan bervarias antara 40-60 kpj karena kondisi jalanan yang basah dan banyak genangan air serta hujan.

Memasuki kota balaraja, juga masih hujan dan disini sebenarnya pertarungan dimulai, truk truk sudah banyak yang mulai keluar..intinya dari balaraja sampai tugu perbatesan kabupaten tangerang dan kabupaten serang itu harus banyak sabar bro, saran gw kalo bisa nyalip dari kanan aja, kalo arah berlawanan kosong, tp jika masih memungkinkan nyalip aja dari kiri tentunya mainkan klakson dan tangan serta lampu..jalan dengan kecepatan sekitar 50-60 kpj bener nguras tenaga dan konsentrasi karen masih hujan, jaket basah dan kotor, tp untung belom tembus,celana jeans udah ga karuan,hahaha. Oh iya selama dari mulai Balaraja sampai Cikande jangan harap anda dengan mudah menemukan bensin jenis pertamax, sangat2 susah, bahkan saya pun baru mendapatkan pertamax ketika dijujung mau keluar dari cikande menuju serang, kalau anda memakai bensin oktan 92, isilah dengan fulltank di daerah cikupa, karena masih ada bensin oktan 92.

Masuk daerah Kota Serang ternyata ga ada hujan cuaca terang benderang, dan motor saya dengan Bro Chunkz menjadi perhatian di lampu merah, bagaimana tidak, motor penuh dengan cipratan2 warna coklat yang sudah mengering , Helm saya yang putih pun jadi berganti warna coklat tanah, dan jaket banyak partikel2 pasir, celana juga kotor, tp agak tak terlalu mencolok. sesampainya di kota serang menunjukan pukul 15.02 yang berarti perjalanan dari tangerang sampai serang memakan waktu 2 jam, masih wajar lah ya…hehehehe..harusnya sih bs lebih cepet 20 menit lagi tuh kalau gak hujan dan jalanan gak ramai., di Serang menyempatkan diri istirahat sejenak dengan foto2 dan bersilatrurahmi ke tempat saudara dari Bro Chunkz, lumayan bisa selonjoran dan minum gratis,,hahahaha (bikers brooo), akhirnya sambil istirahat saya membersihkan bagian lampu depan dan belakang agar terlihat jelas, dan tak lupa membersihkan helm agar visor terlihat jelas kembali. Lumayan lama istirahat sekitar 30 menitan waktu sekitar pukul 4 kurang, akhirnya setelah dibekali bungkusan dan air secukupnya kami memutuskan kembali jalan untuk mengejar Sunset.

Depan Kantor Gubernur Banten, Serang

Akhirnya diberitahu jalan tembus ke Anyer yang lebih cepat dan lebih enak dibanding lewat cilegon lewat jalur Gunung Sari,katanya lewat cilegon jalannya gak enak, lg rusak, gak tau lebih cepat mananya,tapi kalo enak, jelas lebih enak jalur tembus ini, nama jalurnya Gunung Sari. Jadi dari alun2 kota Serang belok kanan, kemudian belok kiri, di lampu merah kedua langsung ambil kiri (Plang Kepandean), ikutin jalan terus sampe ketemu lampu merah (Plang Gununng Sari dan Plang kecil Anyer 39km) belok kanan. dan jalannya lumayan enak sepi namun agak kecil, perlahan2 melintasi jalan tersebut dengan kecepatan sedang sekitar 50kpj sambil menikmati matahari sore, dan sempet ngambil foto juga pas lg riding (ini nih yg bikin jalannya lama), jalanannya asik bro, naik turun (tidak terlalu tajam) dan meliuk2 (ga tajam juga), akhirnya tanpa sadar loh koq masuk kayak hutan dan jalan pegunungan sih, baru sadarnya ketika belokan tau2 ada pemandangan yang menampakan kota serang dari atas, woow…ternyata udah diatas gunung aja toh, sempet foto2 dan ambil vidio juga nih (lama lagi deh :p), akhirnya stelah itu siap kebut,hehehe.

Jalanan jalur Gunung Sari meliuk2 naik turun dengan beberapa kali melihat pemandangan mirip jalur ciwidey arah kawah putih tapi gak dingin,hahaha. Oh iya jalur ini minim penerangan nampaknya kalau malam jadi gak mau jg kayaknya lewat sini pulangnya.Dan sumpah saya bener2 nikmatin riding jalur ini, dan beberapa kali kita berpaopasan dengan alay2 anak sekolahan namun sekali geber oleh Bro Chunks mereka minggir koq,hahaha, takut kali yee. Dijalur ini nanti ada jalanan terbagi 2, 1 ke arah Gunung Sari, 1 lagi ke Arah Anyer, ambil kanan pilih Anyer. Lanjut, jalur ini juga banyak kejutan kayak roller coaster dan kayak motorcross, banyak tempat ketika sedang menajak tiba langsung turun, bahkan saya sempet berteriah “wuuuuhuwwwww” ketika sedang melibas jalan menanjak dengan kecepatan 60kpj tiba langsung jalanan menurun turun (seperti gundukan) dan motor agak jumping sedikit. it’s very2 amazing riding on the track, kembali jalan dengan disuguhi pemadangan kanan kiri sawah, pokoke ini jalur roller coaster riding dahh…takjub, sulit diungkapkan dengan kata. Dan memang benar, wihhh tembsunya langsung di Anyer, belok kiri ikutin jalan sedikit nengok kanan, woww laut biru. Akhirnya tibalah di Anyer, masuk Pantai Pasir Putih Tanpa Karang kira2 2km setelah Marbella (rekomendasi Bro Marlin). tiba sekitar pukul 5 sore lewat, bayar retribusi 10rb untuk 2 motor. Duduk di warung pesen kopi dan menikmati pantai dan tak lupa pula sesi foto. Banyak pemandangan indah disana (tau kan yang dimaksud :p)

Baru Sampe Nih...
Sesi Foto
Duet Honda

Niat melihat sunset pun kandas karena tiba2 gerimis dan awan mendung menutupi matahari yang artinya sunset batal, sangat kecewa tapi yasudahlah toh tadi dapat menikmati riding dan menemukan jalan baru yang nikmat. Akhirnya hari mulai gelap dan tepat pukul 6 kami keluar dan merapat di pom bensin,5 menit, stelah itu dilanjutkan dengan kecepatan sedang karena tadi dputuskan kembali melewati jalur gunung tersebut, sempet deg degan ga yakin, karena bener2 gelap soalnya td pas berangkat pun dirasa begitu, akhirnya dengan tekad bulat dengan Bro Chunkz di depan dengan lampu all season super yg lebih terang strobo led biru dan klakson mobil, dan saya dibelakangnya ,hehehe. Awalnya biasa saja, karena amsih terdapat banyak rumah2 warga, dan saya pun bari inget kalau itu malem minggu, pastilah ga bakalan sepi banget, kira2 stelah 20 menitan dan mulai masuk jalur hutan kami menemukan mobil didepan kami dan kami mulai mengikuti dibelakang mobil tersebut, kenapa begitu, karena mobil ini lampunya lumayan terang,biar mobil ini yang membuka jalan, eitts tapi belum tentu aman, karena beberapa kali kami kejebak ngehajar lobang, akhirnya saya suruh Bro Chunkz untuk menyalip mobil tersebut, dan berhasil kami berada jauh di depan mobil tersebut, namun yang terjadi depan kami gelap gulita, lampu jauh bawaan motor dirasa kurang (harusnya pake projector nih :p setan2nya jg keliatan pasti :d hahahaha) kecepatan agak dikurangi, sekitar 50kpj, berkali2 membunyikan klakson dan memainkan lampu jauh, dan juga strobo dinyalakan, saya pun sempat berzikir lama ketika melewati jalur hutan tersebut (ngerii broo) apalagi bensin saat itu udah 1 bar diatas garis merah, kalo abis disini matilah gw, dan akhirnya ketika ketemu plang tulisan Serang merasa lega,hehehe..artinya sebentar lagi. Akhirnya  tiba di kota serang, setelah tiba dan bertemu keramaian, memutuskan isi bensin, dan istirahat sebentar, saat itu menunjukan pukul setengah delapan lewat yang akhirnya bertemu dengan beberapa anggota HSX125 Chapter Serang, yang sedang bersiap untuk menghadiri acara Anniversary HSX125 Chapter Bekasi. Ngobrol sebentar dan akhirnya kami pun  memutuskan bareng, saat itu HSX125 terdiri dari 4 motor 5 orang,akhirnya kami riding grup dengan cara ala full touring dimana Bro Frans HSX169 membuka jalan dengan kerennya, satu persatu truk dan kendaraan pribadi pun mau mengalah, salutt bro…!!!, ketika memasuki daerah Jayanti, hujan turun dengan deras dan kami sempat berhenti, para HSX-ers memakai jas hujan, tetapi saya dan rekan saya memutuskan tidak memakai karena kepalang tanggung sudah arah pulangd an kalau kotor, kotor sekalian aja dah,hehehe..Perjalanan kembali dilanjutkan tetap dengan formasi awal dan cara turing , tp kali ni kecepatan agak diturunkan karena hujan sampai balaraja, cipratan air kotor kembali dirasakan,,,seru seru…hehehehe.

Setelah lama berjalan akhirnya melihat Tugu kota Tangerang, alhamdulilah udah dket lagi nyampe, eiitts di daerah pasar kemis atau cikupa saya lupa, hampir saja saya mengalami kecelakaan, saat itu rombongan ngerem mendadak dan saya ikut ngerem tp rem depan gak main, alhasil banting setir ke kiri dan sempet oleng,untung gak kenapa2..alhamdulilah..selamet..akhirnya setelah memasuki kota tangerang kami berpisah dan tak lupa mengucapkan terima kasih kdp HSX-ers Serang td,. Saat itu jam menunjukan pukul 10 malam lewat, tp ga langsung pulang, malah nyari makan dan akhirnya terdampar di tukang cuci steam, setelah motor dicuci dpt kabar bahwa ada rekan yang ingin mentraktir di KFC, lanjut samperin lah ke KFC sampai pukul 1.40 dan kemudian tiba dirumah tepat pukul 02.00 selanjuutnya tidur..

Amazing Ride..amazing brotherhood…dan saya puas dalam perjalanan kali ini, perjalanan iseng yang bsia dibilang orang lain sarap, ke anyer cuman buat sunset doang abis itu pulang, ternyata dilakoni juga..

Keep Safety ride bro..!!

with My Ride
Bareng HSX125 Chapter Serang
Mejeng lagi deh,hehehe

5 thoughts on “Ride Report (RR) Mengejar Sunset Anyer

    […] 1. Nama : Fajar Dinihari Twitter : @fajardinihari Link Tulisan : https://fajardinihari.wordpress.com/2…1st-shorttrip- with-fullbox/ https://fajardinihari.wordpress.com/2…-sunset-anyer/ […]

    Like

    nuno said:
    May 23, 2011 at 9:12 pm

    wah mantap bro! salut buat joy ride nya🙂

    Like

      fajardinihari88 responded:
      May 24, 2011 at 7:54 am

      hehehe…makasih bro…belom sempet jalan2 lagi nih, waktu habis di pekerjaan…

      Like

    […] Posts Ride Report (RR) Mengejar Sunset AnyerOtobursa 'Tumplek Blek' 2011 : Lebih Luas, Lebih Ramai, dan Lebih Meriah..My Bike, My RideMengenal […]

    Like

    dudu said:
    February 6, 2016 at 1:18 am

    bro mau tanya perjalanan brp lama jkt-anyer bw spd motor.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s