7 hal dasar berkendara aman ketika menggunakan box

Posted on Updated on


Selasa, 22 Juni 2010

Halo..halo..selamat siang…

apa kabar nih?, sebenarnya mau posting tulisan ini pada saat semalam, namun alangkah lelahnya tubuh ini sehingga saya memutuskan untuk tidur saja dan mengupload tulisan saya ini dikantor..oke, langsung aja kita ulas berkendara aman ketika menggunakan box.

Ketika dijalan, anda mungkin sering melihat ataupun berpapasan dengan motor dengan menggunakan box untuk perlengakapan asesorisnya, tapi tahukah anda pengendara roda 2 dengan box itu memiliki tingkat dan cara berkendara yang berbeda?, nah ini yang mebedakan, bagi yang belum terbiasa pasti akan merasa kagok, namun seiring berjalannya dnegan waktu dan sering menambah jam terbang berkendara, maka rider tersebut akan mampu mengenali karakter besutannya itu dengan menggunakan box.

Lalu bagaimana cara yang aman untuk berkendara ketika mengugunakan box ataupun bahkan full box (top box+sidebox), berikut ulasannya :

1. Kesesuaian Box Dengan Motor

Banyak motor yang dijalan ingin terlihat gagah dan keren ketika menggunakan box, tetapi apakah penggunaan box yang mereka gunakan sudah terlihat aman, ataupun sesuai dengan estetika dan kemampuan motor?, saya lihat ada beberapa, bahkan banyak juga penggunaan box yang dipaksakan, misalnya dengan memakai box yang terlalu besar ataupun terlalu lebar sehingga otomatis akan sedikit menyulitkan dalam berkendara, hal ini akan mempengaruhi handling pengemudi. Lantas, bagaimana solusinya?, pilihlah box yang dirasa cukup dengan kebutuhan anda, tidak perlu memaksakan ukuran box yang besar, bahkan dipakai untuk dijadikan sidebox sampai lebarnya pun melebihi lebar setang kemudi.

2. Tingkatkan Kualitas Kewaspadaan

Yup, berkendara dengan box tentunya akan merubah cara berkendara, nah dengan box ini pengendara wajib meningkatkan kewaspadaan nya terutama dibagian belakang, apalagi jika memakai sidebox, tentunya konsentrasi penuh saat berjalan ditengah keramaian wajib dilakoni, apabila tidak waspada, maka bersiaplah menanggung resiko yang terjadi.

3.  Lakukan Manuver dengan penuh perhitungan matang

Tentunya saat diburu waktu, bikers pun sering melakukan maneuver maneuver yang kadang dianggap berbahaya, nah jangan sampai hal yang kerap berbahaya ini menjadi suatu akibat dari cara berkendara anda, sebab ketika menggunakan box dan anda melakukan manuver2 yang dirasa mungkin mudah ketika dengan motor biasa, tetapi ingat bahwa anda masih mebawa box dibelakang anda, perhitungkan dengan benar, ambil jarak yang paling aman untuk melakukan manuver dengan menggunakan box, jangan sampai salah perhitungan, eh, si box nya malah nyangkut, gak lucu kan,hehehe😛 ingat bro, feeling juga belum tentu benar, maka lakukan perhitungan dengan menggunakan bagian jarak terluar dan jarak paling belakang motor.

4. Jangan mencoba “jumping” ketika melintasi polisi tidur

Ketika kita tergesa2, dengan menggunakan motor biasa tanpa memakai box, maka polisi tidur pun dapat dilalui dengan aman, bahkan tak ayal hanay sedikit menginjak pedal rem. Eittts, tapi jangan lakukan hal ini ketika anda berkendara memakai box, hitung jarak pengereman dan lakukan dengan perlahan ketika melintasi polisi tidur, kalau tidak, box anda bia terbang looh, gak mau kan melihat box kesayangannya terbang tiba-tiba.

5. Tingkatkan Skill berkendara anda

Nah ini bagian yang paling penting, anda harus bisa meningkatkan skill berkendara anda agar dapat berkendara dengan aman ketika menggunakan box, sebab jika anda terbiasa berkendara sradak sruduk dengan menggunakan box, bisa jadi anda akan celaka, gak mau kan hal itu terjadi?. Mulai saat ini biasakan dan kenali motor anda dengan menggunakan box, sebab ketika box dalam keadaan full loaded, maka jarak pengereman harus diperhatikan sekali, sebab akan  sama halnya ketika anda membawa beban dibelakang anda. Mau tak mau jika anda membiasakan berkendara dengan aman, maka skill berkendara anda pun  akan meningkat juga.

6. Kenali Box anda

Tak kenal, maka tak sayang, peribahasa ini begitu tepat sekali . Dengan mengenali box anda, maka anda akan merasakan nyamannya dan amannya berkendara dengan menggunakan box, sebab anda akan terebas dari beban di punggung anda ketika menggendong tas, bahu pu n jadi tidak akan terasa pegal. Cara mengenalinya pun mudah, anda cukup harus sering berkendara saja dengan menggunakan box anda, sembari perhatikan ukuran terluar box anda dan sumbu paling belakang dari motor anda, dengan mengenali box anda, maka box pun juga akan terbebas dari senggolan2 dengan setang ataupun spion pengendara lain.

7. Ukur dengan Kaki ketika ingin masuk kecelah yang lebih sempit

Ini merupakan cara alternative ketika kita tidak merasa terlalu yakin dengan feeling kita ketika berkendara dengan box. Hal ini pun dikhususkan bagi yang menggunakan sidebox atau box samping. Jika anda berkendara ditengah keramaian dengan menggunakan Box samping ataupun fullbox, maka turunkanlah kedua kaki anda dan lakukan hingga sedikit melebar untuk mengukur agar box samping dapat melewati hambatan yang ada didepan, dengan melakukan pengukuran melalui kaki anda, jangan takut akan terlindas, karena pun pengendara lain juga akan melihat Box samping anda, jika dirasa kaki anda yang telah dilebarkan masih cukup dengan ruang yang ada didepan/disamping, maka sidebox akan dapat melewati dengan mudah.

Bagaimana?, gampang – gampang susah bukan?, gampang karena menurut saya mudah diterapkan dan memudahkan anda ketika menggunakan Box utnuk motor anda, serta menambah unsur safety dimana anda dapat menaruh barang bawaan anda didalam box, tentunya harus sesuai dengan isi dan berat muatan box. Dengan anda terbiasa melakukan 7 hal dasar diatas tadi percayalah skill berkendara anda akan meningkat.

One thought on “7 hal dasar berkendara aman ketika menggunakan box

    hadi said:
    January 20, 2013 at 10:38 am

    tips-nya OK banget brow

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s