Cerita dari Sawarna: Pesona Pantai Sawarna

Posted on Updated on

Sawarna!

Setelah melewati jembatan gantung, kami langsung menuju tempat penginapan yang akan kami tempati hingga besok, pilihan kami ialah penginapan Java Beach Vilage dengan bangunan yang paling mencolok, karena berlantai dua dan dengan gaya cukup modern dibanding penginapan/homestay sekitar dan halaman untuk parkirnya enak dan luas. Setelah deal bahwa kami akan menempati penginapan ini dengan harga Rp 135.000/orang, kami mencoba untuk menyusuri pantai Sawarna, mungkin namanya Pantai Pasir Putih Ciantir kali yah, lupa saya juga. Agak sableng emang siang-siang tengah hari jam 11-an malah ke pantai, tujuannya sih cuman buat survey spot-spot lokasi bagus yang enak buat foto aja sekaligus menghilangkan rasa penasaran karena katanya pantai Sawarna yang masih bersih dan indah dipandang. Dari penginapan dan perkampungan/homestay yang ada di desa Sawarna tidak terlalu jauh sebenernya, yah mungkin (mungkin loh yah) sekitar 500 meter lah, tapi kami tetap menuju kesana menggunakan motor hahahaha.

Pertama masuk areal pantai ada Gapura yang terbuat dari bambu dan jalan setapak yang sudah berupa conblock, kemudian jalan bercabang jika ke kanan menuju Pantai Pasir Putih Ciantir kalau ke kiri menuju Tanjung Layar, kami coba ke arah Tanjung Layar karena kalau ke pantai ditengah hari bolong begitu gak asoy euy hehehe :mrgreen: .Namun kami tidak sampai ke Tanjung Layarnya karena biar rasa penasaran akan eksotisme (tsaaahhh eksotisme bahasanye lebay dikit hihihihihi) Tanjung Layar biarlah memuncak pada sore harinya ketika sunset tiba. Akhirnya kami berhenti pada satu spot dimana pantainya sudah berupa karang-karang dan posisi kami kira-kira berada diantara Pantai Pasir Putih Ciantir dan Tanjung Layar, kebetulan spotnya cukup bagus dan adem karena ada pepohonan ribun, cocok lah untuk sejenak melepas lelah, jadi kami berhenti sembari beristirahat dan berfoto ala kadarnya. Sembari duduk istirahat saya terkesan dengan pesonanya, Subhanallah Maha Suci Allah dengan segala ciptaanNya, saya pun memandang indah pesisir pantai di Sawarna ini sebelah kanan hingga pantai yang dibatasi bukit serta ombak yang cukup besar namun indah memang memancarkan pesona tersendiri, teringat akan dialog di film 5cm! “Dunia ini sangat indah Tuhan, bantu kami menjaganya”.

and here we are!
hey you!

Sawarna

Setelah puas menikmati panorama sekitaran gugusan pantai dan jernihnya air laut, kami beranjak untuk kembali menuju penginapan, karena perut sudah mulai terada lapar, harap maklum karena kami menempuh perjalanan cukup jauh yang menguras tenaga jadi harus makan banyak biar kuat :mrgreen: . Kembali ke penginapan ternyata makanan sudah disiapkan oleh mas Agus yang aslinya dari Malang (salam AREMA iki sam! :mrgreen: ), lauk pauknya sederhana khas makanan desa, hanya ada nasi putih, semur telur, tahu gorengan, sayur asam dan sambal, namun Alhamdulilah yang ala kadarnya sudah cukup bagi kami untuk mengisi perut dan disantap dengan lahap, bahkan kami sampai meminta tambahan gorengan tahunya lagi, hahahaha. Setelah makan siang kami pun goler-goleran di bale rumah panggung hingga menunggu masuk kamar yang sedang dirapihkan, begitu kamar sudah tersedia, kami bergegas membersihkan diri dan tak lupa beribadah serta dengan kompak tertidur sampai sorenya :D .

Sorenya kami bangun jam 4 sore, setelah sholat Ashar kami langsung menuju pantai pasir putih Ciantir, sayang cuaca disana mendung, tapi biarpun mendung tetap saja pantainya masih indah dipandang, pasirnya halus bersih, sampah pun nyarisss tak ada, kalaupun ada hanya di dekat warung itu pun bukan sampah plastik, mudah-mudahan tidak sampai ada yang buang sampah sembarangan disini!. Air lautnya tetap terlihat biru, ahh ini yang mereka bilang the hidden paradise, ada benarnya memang dan ini pertama kalinya bagi saya bisa berada di pantai dengan pasir yang sebagus ini, sayang Sore itu ombak lumayan besar, air laut pun juga nampaknya lagi agak naik selain cuacanya yang mendung sehingga kami tidak jadi berbasah-basahan di pantai, kami hanya menikmati udara pantai, deburan ombak dan semacam ‘tarikan’ disini, fenomena alam pun kami dapatkan saat melihat hujan agak ke tengah laut, keren.

Pantai Pasir Putih Ciantir
Ngopi
Ngopi, berdayakan penduduk setempat

Diskusi sambil menikmati sunset

Pantai Pasir Putih Ciantir
Pantai Ciantir
Pantai Ciantir,sayang mendung sekali sore itu

Sayang kami hanya sebentar disana, agak menjelang maghrib kami mencoba bergegas karena rintik hujan sudah mulai turun, jika terjadi hujan deras kami takut pada saat pulang nanti motor kami terjebak pada kubangan pasir, hehehehe. Jadilah pada saat hujan gerimis itu kami kembali ke penginapan, sampai di penginapan eh lah hujannya berhenti, ah sudah nanggung di penginapan, lebih baik santai di bale-bale sembari melihat rona merah sunset Sawarna, sungguh Indah. Malam di penginapan dari selepas maghrib hingga jam 10an kami habiskan dengan bercengkrama di bale-bale penginapan depan kamar, dan mantapnya lagi cuaca saat itu hujan, wahh syahdu jadi adem deh udaranya, kami pun memutuskan untuk tidur lebih awal agar keesokan harinya lebih segar.

Note: Foto dari kamera bro Aan dan bro Bayu,  ada beberapa bagian yang merupakan foto saya dengan menggunakan kamera bro Aan dan bro Bayu :mrgreen:

About these ads

sharing cerita pengalaman ya di Forum Sawarna

fajardinihari88 responded:
      February 28, 2013 at 8:38 am

dicopas aja ini tulisannya gapapa :) tapi cantumin sumbernya

sawarna said:
    June 7, 2013 at 11:32 am

sawarna tempat yang bagus, ditunggu kehadirannya ya

edi hermawan said:
    August 1, 2013 at 10:47 pm

kira habis berapa liter ya om kalo dari jakarta?