Cermat memakai Spion untuk motor

Posted on Updated on


Selasa, 29 Juni 2010

Spion merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan Motor, bahkan Spion menjadi hal yang sangat penting dan menjadi kelengkapan standar dari motor. Spion juga berperan sangat penting dalam mendukung keselamatan dan Safety Riding dijalan, Spion wajib ada dan terpasang di motor anda, dan wajib digunakan ketika anda dalam perjalanan, sebab apabila kendaraan anda tidak dilengkapi Spion maka anda dpat dikenakan tilang berupa denda maksimal 250rb rupiah sesuai dengan UU No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan angkutan jalan.

Kegunaan Spion sangatlah penting, dengan spion anda dapat melihat objek yang ada dibelakangsamping anda, menambah keamanan dalam perjalanan Riding anda. Untuk itulah Spion harus memenuhi kriteria standar minimum, banyak orang mengganti Spion standar yang awalnya merupakan bawaan dari dealer motor diganti dengan Spion variasi yang bentuknya bahkan lebih kecil sehingga mengurangi ruang atau jarak pandang pengendara motor.

Mari kita lihat macam Spion yang kebanyakan digunakan oleh para pemilik dan pengendara motor di Indonesia, Jenis Spion ini mewakili beberapa macam, Spion Standar, Spion Variasi yang terdiri dari Spion variasi racing style, modification style dan touring style.

1. Spion Variasi with Sign Lamp (Touring Style)

Spion variasi jenis model ini sangat mudah dijumpai, umumnya digunakan para bikers yang tergabung dalam suatu klub atau komunitas, Spion ini mendadak trend pada saat tahun 2008 , dimana Spion ini merupakan Spion untuk Motor pertama yang dilengkapi dengan Lampu Sein dan lampu Senja, bentuknya agak besar dengan kaca yang lumayan lebar sehingga membantu pengendara jika ingin mengetahui objek yg ada disekitar pengendara, namun sayangnya kelemahan dari Spion ini ialah kaca Spion yang cenderung bahkan sering bergetar, mudah goyang, sehingga akan sulit untuk memantau posisi dibelakang/disamping karena objek menjadi buram. Saya kategorikan Spion ini hanya aman untuk kondisi tertentu, untuk malam hari tingkatkan pengelihatan anda dan pintar membaca situasi untuk melihat objek yg buram karena getaran dari kaca tersebut.

2. Spion Variasi model KOSO

Spion Koso

Jenis Spion bergaya racing look ini juga makin digandrungi, peminatnya juga banyak terutama terhadap pengendara yang memang doyan bergaya racing look, dengan bentuk Spion yang meruncing dan rada langsing, spion ini menjadi pilihan para pengguna kendaraan yang ingin tampil gaya. Harus saya akui gengsi untuk memakai Spion model ini sangat tinggi, bahkan masih akan terus berlanjut, kelebihannya adalah bentuknya yang ramping dan memang memiliki gaya tersendiri jika dipasang di motor, kelemahannya ialah kaca yang cenderung agak sempit dibandingkan dengan spion standar, dan juga bahannya yang terbuat dari plastik juga bisa membuat kaca spion ini bergetar ketika motor digeber dalam RPM tinggi, namun bnyak yang memalingkan persoalan ini, dan mereka tetap memakainya karena memang keren. Soal gaya memang bagus tapi safety? who knows, saya rasa belum memenuhi standar safety.

3. Spion Variasi Model Persegi Panjang

Spion ini juga banyak diburu, selain modelnya yang memang lumayan bagus, banyak orang memakai sebagai alternatif pengganti koso untuk sekedar ada dan memenuhi gaya di motor, namun sesungguhnya Spion ini sangat sangat tidak memenuhi standar keamanan yang dibutuhkan dalam berkendara, kaca yang kecil, ruang/jarak pandang yang terbatas, sangat mungkin untuk tidak dapat mengetahui blind spot yang ada. Spion ini mungkin bisa membuat anda aman dari tilangan polisi, tetapi tidak menjamin anda aman dari accident dengan pemakaian spion ini di motor anda.

4. Spion Cutom modification

Spion ini biasa digunakan ketika memodifikasi motor, lebih cocok digunakan untuk motor motor matik, bahkan ketika motor matik dimodifikasi menjadi low rider sangat cocok menggunakan spion ini, namun sayangnya kacanya yg cenderung sangat kecil tidak layak digunakan ketika anda berkendara dengan motor anda, jangan sampai ubahan modifikasi menjadi suatu yang dapat membahayakan anda dijalan.

5. Spion Standar Motor

Spion yang dikeluarkan dari pabrikan ini emrupakan spion default atau bawaan dari motor ini secara bentuknya memang kebanyakan tidak enak dilihat sehingga membuat orang langsung menggantinya ketika motor baru sampai kerumah, namun beberapa ATPM telah mengubah desain lama mereka untuk Spion agar menjadi lebih menarik, seperti HONDA dan Suzuki misalnya Spion yang mereka pakai ini didesain dengan bentuk yang lebih menarik untuk menyenangkan konsumen, sedangkan pabrikan lainnya seperti yamaha masih menggunakan Spion model lawas dengan bentuk “seadanya” namun dengan tingkat kelebaran kaca memenuhi standar keamanan di jalan, dan 2 pabrikan tadi (Honda dan Suzuki) bukannya tanpa celah, Spion yang mereka hasilkan ternyata juga mendapat komplain karena terlihat agak panjang, namun hal itu saya rasa wajar, akrena dengan Spion yang lebih panjang atau sedikit melebihi Stang kemudi motor membuat kita tahu jarak terluar motor dan juga agar padangan terhadap objek di spion tersebut menjadi luas, intinya Spion awal bawaan dari motor sudah sangat memenuhi kriteria safety yang dianjurkan. Bahkan saya pun kini kembali memakai Spion standar bawaan supra fit saya, setelah sebelumnya menggunakan spion custom sein lamp. dan saya rasa dengan Spion standar pun masih bisa teap kelihatan gaya dan bahkan safety.

Kesimpulannya Spion yang masuk dalam kategori aman ialah Spion bawaan standar dari motor tersebut karena memang telah diperhitungkan bentuk ukuran lebar dan panjangnya, bahkan Spion bawaan motor Tiger Revo, Shogun SP, dan Supra Fit New menjadi part subtitusi favorit pilihan bikers, karena bentuknya yang menarik, kaca yang luas  sehingga memenuhi aspek gaya dan aman.

Bagaimana, sudah mengerti kan soal Spion, tinggal mau pilih yang mana?mau pilih Gaya tapi kurang safety, atau pilih Safety tapi kurang gaya? atau bisa meng-combine agar membuat Spion menjadi gaya dan safety.

So, Keep Safety Riding and Respect Each Others..

Best Regards,

Fajar Dinihari.


source : gambar pertama merupakan milik website ninja250r, dan googling

About these ads

16 thoughts on “Cermat memakai Spion untuk motor

    capth4ri said:
    June 30, 2010 at 7:25 am

    Spion ya?

    Spion standar supra fit gw dah brp kali beradu ama spion motor laen, tp masih kuat malah spion motor laen yg K.O. (pecah, berubah posisi dll).

      fajardinihari88 responded:
      June 30, 2010 at 8:15 am

      hahaha,..ane juga pake Spion standar Sufitnya koq Om..
      abis enak., kacanya luas, itu aja, kalo lebih lebar ane ga masalah, amalahan jd lebih aman, soalnya kalo Spion ane mentok/kena berarti itu jarak udh dkt bgt..

    esumpelo said:
    September 18, 2010 at 10:44 pm

    emang paling mantep standar om….

    ane sempet juga beli yg model koso kw (yg asli mahalll) akhirnya malah gak dipake…

    tetep pake bawaan standar Yamaha…

    pernah naik Revo, eh pas nyelip di macet2 agak susah, menurut ane kepanjangan spionnya malah mentok spion mobil om….

    so far masih aman sama spion standar Yamaha…

    just sharing om… hidup bikers indonesia

      fajardinihari88 responded:
      September 24, 2010 at 11:24 am

      hehehe..betul Om, gimanapun spion standar emang memenuhi kriteria safety. tinggal gimana kita aja memaksimalkan fungsinya

      fajardinihari88 responded:
      September 24, 2010 at 11:32 am

      hehehe..betul Om, gimanapun spion standar emang memenuhi kriteria safety. tinggal gimana kita aja memaksimalkan fungsinya..

      okee tenkyuu bro

      mamase said:
      October 30, 2012 at 9:30 pm

      IMHO: sekarang rata2 spion motor Honda didesain agak lebar. Bahkan sedikit lebih lebar dari stangnya sendiri. Mungkin memang agak repot bagi yg belum biasa. Namun lama2 juga biasa. Apalagi karena lebih lebar, apabila senggolan dengan benda/body mobil atau yg laen, maka stang motor ga langsung kena. Jadi stang ga langsung kena, ga gampang/langsung belok, dan ga langsung gubraks.. :D

        fajardinihari88 responded:
        November 5, 2012 at 12:11 pm

        saya pilih safety mas, lebar itu malah lebih aman (bagi saya)

    Purwanto Eko S said:
    February 25, 2011 at 4:25 pm

    Ane Pake Karisma X, Spion milik Kaze + blind spot mirror bro…, karena spion ori nya sering kendor ‘letoy’ :(

      fajardinihari88 responded:
      March 9, 2011 at 10:46 am

      Gak masalah bro, asalkan memenuhi standar keamanan dan kita ngerasa nyaman dan aman dijalan

    Angga said:
    May 13, 2011 at 7:59 pm

    Pernah pake yg model koso waktu pake mio. Not recommended bgt lah. Jangankan RPM tinggi RPM rendah aja bergetar. Secara fungsi jadi ngga guna sama sekali. Sebaiknya sih klo cari spion yang tangkainya dari besi seperti spion standar.

    Lagi ngumpulin duit buat beli spion D-Tracker buat dipasang di Byson. Modelnya keren bgt, mirip2 lah sama spion ninja 250R. Tapi harganya itu… hampir 10x lipat spion ori yamaha :D

      fajardinihari88 responded:
      May 14, 2011 at 10:53 am

      betul mas bro..
      bahan komponen plastiknya mungkin yang buat getar, serta dudukan yang bisa diputer2 juga berpengaruh..
      jadi balik ke standar ajah, aman.hehehe

    bambang said:
    July 27, 2011 at 12:17 pm

    spion standar dah ajib bro

    Pengawas Kecelakaan said:
    November 28, 2012 at 7:02 pm

    Besi spion standar Yang melebihi stang itu ada gunanya… Anda Bisa Mengukur Antara jarak Antara kiri dan kanan supaya anda bisa menyalip pada saat macet padat,… jadi kita bisa mengukur jarak dengan spion supaya tak tergores antara kendaraan 1 dengan kendaraan lainnya … kalau spion tidak kena kendaraan lain pastinya anda bisa menyalip mobil maupun motor

    KainLaps said:
    June 3, 2013 at 1:41 pm

    Saya pakai motor MIO 2011, spion standartnya saya tukar pakai spion standart RX-King. Karena spion rx-king lebih lebar dari spion mio :)

    Slow_down said:
    June 16, 2013 at 3:24 am

    ane dulu pake spion kotak tapi kacanya model cembung enak tuh dipake, tpi sayang susah skali nyarinya untuk skrng

    ren said:
    July 28, 2013 at 6:46 pm

    Hati2 gan gak pakai spion standar, gue habis kena tilang polisi..
    alasannya gak pakai spion standar dealer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s